VIDEO: Lukisan Bertema Perjuangan Sepanjang 10 Meter Hiasi Hari Santri Nasional

VIDEO: Lukisan Bertema Perjuangan Sepanjang 10 Meter Hiasi Hari Santri Nasional

Puluhan santri pelukis di Jombang, Jawa Timur, membuat lukisan sepanjang 10 meter, menggambarkan perjuangan masyarakat, dan para santri dalam pertempuran 10 Nopember 1945.

Lukisan raksasa ini dibuat untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme santri dan generasi muda, di momen Hari Santri Nasional, 22 Oktober. Berikut dilansir pada Fokus, 22 Oktober 2020.

Untuk membuat lukisan raksasa ini, sedikitnya dibutuhkan 22 santri pelukis, agar bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat. Pengerjaan lukisan sengaja dilaksanakan di depan Pendopo Kabupaten Jombang, agar bisa dilihat masyarakat umum. Juga sebagai momentum peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober.

Lukisan sepanjang 10 meter tersebut, menggambarkan perjuangan para santri dan masyarakat umum, dalam sejumlah peperangan dengan tentara sekutu, menjelang pertempuran besar 10 Nopember yang pecah di Surabaya, 1945 silam.

Saat itu, tak hanya santri, para kiai pesantren, seperti KH. Hasyim Asyari, KH. Wahab Hasbullah, dan KH. Bisri Syansuri, turut mendukung perjuangan rakyat bersama Presiden Soekarno.

Lukisan ini akan dipajang di depan Pendopo Kabupaten Jombang. Sebagai upaya mengingatkan betapa pentingnya rasa, dan sikap nasionalisme, terutama bagi santri dan generasi muda saat ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 25 October 2020, 17:46 WIB

Video Terkait

Spotlights