VIDEO: 40 Pasien OTG di Banyuwangi Sembuh dari COVID-19

VIDEO: 40 Pasien OTG di Banyuwangi Sembuh dari COVID-19

Sebanyak 40 orang pasien COVID-19 kategori tanpa gejala (OTG) yang dikarantina di gedung isolasi khusus di Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, sembuh.

Penanganan pasien OTG dengan karantina terpusat dinilai efektif, untuk menekan angka penularan, utamanya pada klaster keluarga. Selain mendapatkan program trauma healing atau pemulihan trauma, seluruh pasien juga rutin diberi asupan nutrisi hingga probiotik.

Beginilah aktivitas dari para pasien COVID-19, OTG, orang tanpa gejala yang menjalani masa karantina di gedung isolasi khusus di Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Setiap hari, mereka terus diajak aktif mengikuti berbagai kegiatan oleh tim medis. Senam pagi menjadi aktivitas yang wajib diikuti oleh seluruh pasien, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mereka juga diajak berjemur di lapangan Gedung Diklat selama 30 menit sebelum pukul 9 pagi.

Data dari Satgas COVID-19 Banyuwangi, hingga Sabtu sore sudah ada 40 pasien OTG yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sementara jumlah pasien OTG yang masih menjalani masa isolasi di Gedung Diklat PNS licin berjumlah 23 orang.

Penanganan pasien OTG dengan karantina terpusat dinilai efektif untuk menekan angka penularan, utamanya pada klaster keluarga.

"Diimbau untuk OTG dijadikan terpusat jadi satu, sehingga tidak ada lagi yang namanya isolasi mandiri yang berada di rumah, karena tidak terpantaunya, baik pasien bertemu sama siapa, kemudian dari pertemuan itu juga dapat mengakibatkan terjangkitnya virus pada orang yang terkonfirmasi Covid-19," ujar Kombes Pol Arman Asmara, Wakil Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi.

Selain mendapatkan program trauma healing, atau pemulihan trauma. Seluruh pasien juga rutin diberi asupan nutrisi hingga probiotik. Sempat berada pada zona merah, namun kini wilayah Banyuwangi sudah kembali ke zona oranye, dikarenakan angka kesembuhan pasien terus mengalami peningkatan.

Agar penularan COVID-19 pada klaster keluarga bisa ditekan, kini setiap pasien OTG di Banyuwangi wajib menjalani isolasi di gedung karantina khusus Covid-19 di Kecamatan Licin. Demikian dilansir pada Fokus, 25 Oktober 2020.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 October 2020, 17:59 WIB

Video Terkait

Spotlights