Sukses

VIDEO: Gapangan, Layang-Layang Raksasa dari Desa Sabrang Jember

Liputan6.com, Jakarta - Layang-layang hias ukuran sedang maupun biasa, sudah banyak dijumpai. Namun, bagaimana dengan layang-layang raksasa?

Di Jember, Jawa Timur, warga gotong- royong menerbangkan layang-layang berukuran sebesar rumah, dan bisa mengeluarkan suara menderu mirip pesawat terbang. Penasaran? Berikut liputannya pada program Fokus, 25 Oktober 2020.

Layang-layang yang dimainkan warga Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Jember ini bukan layang-layang biasa. Warga setempat menyebutnya gapangan. Selain bentuknya unik, semacam dawai besar yang dipasang di atas layang-layang, menjadi ciri khas gapangan.

Dawai ini berfungsi untuk memunculkan suara menderu, saat layang-layang diterbangkan. Tak seperti lazimnya layang-layang, gapangan buatan warga Desa Sabrang ini, berukuran sebesar rumah.

Sehingga untuk menerbangkannya butuh banyak persiapan, termasuk puluhan orang yang harus kompak menarik tali layang-layang hingga mengangkasa.

Setelah bersusah payah, layang-layang berukuran 10x10 meter ini mengangkasa, diiringi sorak-sorai seluruh warga. Namun, setelah sempat terbang sekitar 3 menit, angin tiba-tiba berhembus kencang hingga membuat gapangan terjatuh dan rusak.

"Cara ngaturnya beda semua, kalau layangan kecil butuh 1 orang, 2 orang bisa, kalau ini kan lebih dari 10 orang,” tutur Davi, Koordinator Pembuat Layang-Layang Raksasa.

Meski demikian, warga mengaku puas. Layang-layang gapangan ini hasil swadaya warga setempat, yang membutuhkan waktu seminggu dalam pengerjaannya, dengan biaya hingga Rp 1 juta.