Sukses

7 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Wajib Dibawa Pulang, Terdiri dari Jajanan Unik

Oleh-oleh khas Kediri terdiri dari beberapa makanan dengan cita rasa unik.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Kediri tentunya bisa menjadi pelengkap liburan kamu ke daerah tersebut. Setelah mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kediri, tentunya belum lengkap bila kamu tidak membawa oleh-oleh khas wilayah kabupaten dan kota ini.

Beberapa kuliner Kediri juga bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Camilan seperti gethuk Pisang dan stik tahu sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena dapat bertahan hingga beberapa waktu.

Oleh-oleh khas Kediri terdiri dari beberapa makanan dengan cita rasa unik. Oleh-oleh khas Kediri ini tentunya tidak akan kamu temukan di daerah lain. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Kediri yang unik tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2020) tentang oleh-oleh khas Kediri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Kediri

Tahu Takwa

Tahu Takwa menjadi oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912. Kediri memang juga dikenal sebagai sentra pembuatan tahu. Salah satu jenis tahu yang populer adalah tahu Takwa. Tahu Takwa merupakan tahu kuning yang bertekstur padat, kenyal, berpori halus, dan lembut.

Nama Takwa berasal dari bahasa Mandarin yang berarti aroma. Tahu ini memiliki aroma khas yang mampu menggoda lidah. Usaha tahu Takwa dimulai oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Mbah Kacung. Produksi dan permintaan tahu Takwa kemudian terus berkembang dan menjadi bagian dari kuliner khas Kediri.

Stik Tahu

Tak hanya tahu basah, tahu di Kediri juga diolah menjadi camilan gurih. Stik tahu menjadi pilihan oleh-oleh khas Kediri yang cukup terkenal. Stik Tahu Kediri diolah secara tradisional dengan perpaduan rempah-rempah yang memberi rasa gurih dan khas.

Stik Tahu ini memiliki tekstur lembut dan renyah saat digigit. Stik Tahu dapat dengan mudah ditemui di pasar atau pusat oleh-oleh khas Kediri.

3 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Kediri

Getuk Pisang

Getuk pisang merupakan oleh-oleh khas Kediri yang memiliki rasa manis, sedikit asam dan aroma khas yang menggugah selera. Konon dulunya gethuk pisang adalah camilan tradisional warisan turun temurun dari zaman kerjaan.

Gethuk Pisang yang dijual di Kediri berbentuk lonjong dengan bungkus daun pisang menyerupai lontong. Gethuk Pisang dapat dengan mudah ditemui di sepanjang jalan Kediri khususnya di sepanjang jalan Doho.

Sambal Tumpang

Tidak hanya makanan ringan ataupun camilan, kamu juga bisa menjadikan sambal tumpang sebagai oleh-oleh khas Kediri yang dibawa pulang.Sambal tumpang terbuat dari tempe bosok atau fermentasi tempe yang dicampur dengan cabai dan rempah-rempah.

Sambal tumpang biasanya disajikan dengan nasi pecel khas Kediri.Oleh karena itu, jika kamu kangen makanan satu ini, kamu bisa menyantapnya lagi di rumah dengan menjadikannya oleh-oleh.

4 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Kediri

Keripik Bekicot

Salah satu oleh-oleh khas Kediri yang cukup unik adalah keripik bekicot. Hal ini mungkin jarang sekali terdengar di tempat lain, sehingga banyak membuat penasaran wisatawan.

Keripik satu ini memiliki bahan dasar yang terbuat dari bekicot, yang merupakan sejenis siput. Bagi kamu yang penasaran akan rasanya, kamu bisa membelinya di sekitar Pare dengan harga yang cukup terjangkau.

Tahu Pong

Penggemar tahu mungkin akan sangat senang saat berkunjung ke Kediri. Pasalnya, selain stik tahu dan tahu takwa, masih ada lagi sajian tahu yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Kediri, yaitu Tahu Pong.

Makanan satu ini berbeda dengan jenis makanan tahu yang lain karena isian tahu ini kosong melompong. Untuk menambah kelezatan, biasanya tahu pong disajikan dengan sambal petis ataupun cabe rawit. Kamu bisa membawa pulang tahu pong ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Cokelat Tempe

Oleh-oleh khas Kediri selanjutnya adalah cokelat tempe. Seperti namanya, cokelat satu ini memang memiliki bahan dasar yang terbuat dari tempe. Tempe sendiri nantinya akan diiris tipis dan dibalut dengan lumuran cokelat sehingga menghasilkan rasa manis dan juga gurih sekaligus. Harga cokelat tempe ini pun juga cukup ramah di kantong sebagai oleh-oleh khas Kediri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini