VIDEO: Gembok Klenteng Kwan Sing Bio Dibuka, Pertanda Sengketa Pengurus Mereda

VIDEO: Gembok Klenteng Kwan Sing Bio Dibuka, Pertanda Sengketa Pengurus Mereda

Bertepatan dengan hari kesempurnaan Kong Cho, tempat ibadah Tri Dharma, Klenteng Kwan Sing Bio di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang awalnya disegel dan digembok, hari Minggu dibuka.

Tangis haru umat Tri Dharma pecah, saat pintu gerbang klenteng dibuka. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, 27 Oktober 2020.

Pembukaan segel menandai sengketa pengurus berakhir, dan seluruh umat Tri Dharma dapat kembali beribadah di klenteng terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Gembok pintu masuk tempat ibadah Tri Dharma, Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban, Jawa Timur, dibuka oleh tiga tokoh pengusaha Jawa Timur, Ali Markus, Sudomo, dan Afandi. Dengan diiringi isak tangis bahagia, umat Tri Dharma dan para pedagang. Sebelumnya lebih dari tiga bulan, klenteng terbesar se-Asia Tenggara itu ditutup.

Konflik tempat ibadah Tri Dharma itu, berawal dari pemilihan pengurus baru klenteng, dengan pengurus lama beberapa tahun terakhir.

Kemudian berbuntut dengan penggembokan kedua pintu masuk utama klenteng, sehingga kedua kubu tidak dapat masuk ke dalam tempat ibadah itu.

Ketua Penilik Demisioner Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban, Alim Sugiarto menyampaikan syukur dan bahagia, dengan dibukanya gembok pengunci pintu klenteng ini.

Dia menuturkan, Klenteng Kwan Sing Bio harus tetap dihormati sebagai tempat suci, dan beribadah umat tri dharma, juga dapat memberi manfaat kepada warga sekitarnya, seperti para pedagang yang biasa berjualan di sekitar klenteng.

"Ya saya sangat gembira sekali, karena ada orang-orang yang peduli, dengan klenteng Tuban ini, karena ini aset negara, jadi kita harus menghormati dan ada tokoh yang mau menyelesaikan masalah ini, ya kita serahkan saja kepada mereka untuk agar kedamaian ini bisa lancar, bisa seperti biasanya," papar Alim Sugiarto, Ketua Penilik Demisioner Klenteng Kwan Sing Bio.

Usai membuka gembok, umat Tri Dharma yang hadir langsung melaksanakan ibadah, untuk meminta berkah di hari kesempurnaan dewa Kong Cho.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 October 2020, 07:38 WIB

Video Terkait

Spotlights