Sukses

Pergi Jalan-Jalan Saat Libur di Tengah Pandemi? Simak Dulu Tips Ini

Jubir Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica menuturkan, menghabiskan liburan di rumah merupakan pilihan paling aman.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo membagikan tips menghadapi libur panjang seiring cuti bersama Maulid Nabi pada 28 dan 30 Oktober 2020.

Jubir Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica menuturkan, menghabiskan libur panjang di rumah merupakan pilihan paling aman.

"Jka tidak ingin ribet dan tetap aman, ya di rumah saja. Utamakan kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga," ujar dia, seperti dikutip dari Times Indonesia ditulis Kamis, (29/10/2020).

Dia menuturkan, risiko sakit setelah liburan meningkat karena beberapa hal. Seperti kelelahan dan kurang istirahat, interaksi dengan banyak orang sehingga mudah terjadi transmisi virus, kontak dengan benda-benda umum yang mungkin terkontaminasi virus, dan adanya perubahan iklim dalam beberapa hari ini.

Oleh karena itu, ia menyarankan segera monitor gejala sakit saat atau setelah kembali dari bepergian.

Bila jalan-jalan menggunakan kendaraan pribadi dan terpaksa mampir dan turun dari kendaraan, wajib memakai masker dan cuci tangan setelah menyentuh benda-benda umum.

"Hindari tempat yang ramai dan carilah yang outdoor," kata perempuan yang biasa disapa Viro ini.

Bila traveling menggunakan jasa kereta dan bus, sebaiknya selalu memakai masker, sering-sering pakai hand sanitizer, dan hindari makan minum (membuka masker) di dalam bus atau kereta.

Kemudian bila libur panjang menggunakan pesawat, Viro menyarankan agar memilih maskapai yang memberlakukan protokol kesehatan ketat dan mengurangi jumlah penumpang.

"Hati-hati saat menunggu di ruang tunggu pemakaian toilet dan selalu jaga jarak saat antri masuk/keluar pesawat," lanjutnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Liburan di Rumah Kerabat hingga Hotel

Bila liburan di rumah kerabat, pakailah masker selama berinteraksi dengan kerabat terutama jika ada lansia di rumah tersebut.

"Jangan berpelukan atau berjabat tangan. Hindari kontak fisik. Sebisa mungkin jaga jarak terutama bila ada anggota keluarga yang sakit," ujar dia.

Bila menginap di hotel atau villa, cukup aman bila tetap di kamar. Ada baiknya memilih kamar di lantai tidak tinggi untuk meminimalkan penggunaa lift. Bawa sanitizer dan gunakan masker saat keluar kamar.

Bila ke kolam renang atau pantai, sebaiknya jam-jam yang tidak ramai. Menghindari penggunaan bersama benda-benda yang dipakai umum seperti sewa ban, mainan, snorkel, atau alat makan.

Viro menyatakan, penularan COVID-19 antar manusia yang bertemu dengan orang lain atau kerabat yang tidak serumah tetap berisiko.

"Berlibur kemanapun tetap akan berisiko, apalagi saat musin hujan akan sulit mencari tempat outdoor," ujar dia.

 

Simak berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.