VIDEO: 'Iron Man' Tilang Pelanggar Operasi Zebra 2020 di Mojokerto

VIDEO: 'Iron Man' Tilang Pelanggar Operasi Zebra 2020 di Mojokerto

Operasi Zebra 2020 serentak digelar di seluruh Indonesia. Polres Mojokerto menggelar operasi zebra mengenakan kostum super hero, menyasar kelengkapan kendaraan, serta pengguna jalan yang tidak patuh protokol COVID-19.

Sedangkan di Jember, operasi zebra melibatkan kaum difabel, dengan memberi bunga pada pengendara yang tidak melanggar lalu lintas, dan mematuhi protokol kesehatan. Berikut diberitakan pada Liputan6, 28 Oktober 2020.

Selain kelengkapan surat-surat kendaraan, polisi juga menyasar para pengendara yang tidak patuh protokol Covid-19. Uniknya, polisi mengenakan kostum super hero Iron Man, dan memakai helm corona.

Pengendara yang melanggar, seperti tak memiliki SIM langsung ditilang oleh Iron Man. Bagi yang melanggar protokol kesehatan, seperti tak memakai masker, dihukum menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selain menekan angka kecelakaan, Operasi Zebra Semeru 2020 ini, juga untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

"Di sini kami mau memberikan pesan kepada masyarakat, penindakan humanis yang kami lakukan, namun tetap tegas, untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas tersebut. Serta kami juga menindak para pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti yang tidak menggunakan masker," jelas AKP Randy Asdar, Kasat Lantas Polres Mojokerto.

Sementara operasi zebra 2020 di Jember, juga digelar Satuan Lalu Lintas Polres Jember. Pengendara yang melanggar lalu lintas langsung ditilang.

Sedangkan, bagi mereka yang mengenakan masker, dan membawa surat kendaraan lengkap, diberi hadiah paket susu, dan makanan sehat.

Selain itu, polisi juga melibatkan komunitas pengendara motor difabel, untuk mengkampanyekan pentingnya tertib lalu lintas, dan mematuhi protokol kesehatan.

"Sebagai difabel motorcycle, ingin menghimbau sebagai warga masyarakat kita harus tertib berlalu lintas, tertib protokol kesehatan, dan juga mematuhi peraturan-peraturan lalu lintas dan kita harus safety riding, di jalanan sebagai pelopor tertib berlalu lintas," ungkap Siti Farida, Komunitas Difabel Jember.

Operasi Zebra 2020 akan berlangsung selama 14 hari, mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 29 October 2020, 23:44 WIB

Video Terkait

Spotlights