Sukses

Jumlah Penumpang Naik, KAI Daop Jember Tambah Dua Perjalanan Jarak Jauh

Kenaikan jumlah penumpang terus meningkat pada Rabu, 28 Oktober 2020 dengan peningkatan volume penumpang sebesar 88 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Okupansi penumpang kereta api di sejumlah stasiun wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur meningkat selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober 2020.

"Peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Selasa (27/10) dan terlihat kepadatan di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 mulai Pasuruan hingga Banyuwangi," kata Pelaksana Harian Manajer Humas PT KAI Daop 9 Radhitya Mardika Putra di Kabupaten Jember, Kamis malam, 29 Oktober 2020.

Pada masa long weekend itu, lanjut dia, di wilayah Daop 9 Jember telah mengalami kenaikan volume penumpang kereta mulai 27 Oktober 2020, dilansir dari Antara.

"Volume penumpang KA mengalami peningkatan sebesar 41 persen pada Selasa (27/10) atau naik sebesar 701 penumpang dibandingkan pada Selasa (20/10) pekan lalu yang tercatat 1.723 penumpang," tuturnya.

Kenaikan jumlah penumpang terus meningkat pada Rabu (28/10) dengan peningkatan volume penumpang sebesar 88 persen atau naik sebanyak 1.355 penumpang dibandingkan pada pekan lalu yang tercatat sebanyak 1.530 penumpang.

"Untuk Kamis ini sementara tercatat peningkatan sebanyak 69 persen dibandingkan pada Kamis pekan lalu yang tercatat 1.519 pelanggan, namun data itu masih bergerak," katanya di Jember.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan Dua Perjalanan KA Jarak Jauh

Ia menuturkan, PT KAI Daop 9 Jember menambah dua perjalanan kereta api jarak jauh untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur panjang akhir pekan tersebut.

"Dua KA yang beroperasi yaitu KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap dan KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon pada masa libur panjang yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW," ujarnya.

Menurutnya KAI tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani penumpang pada libur panjang akhir pekan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penumpang diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas COVID-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan).

"Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menekan penyebaran virus Corona," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.