Sukses

VIDEO: ASDP Ketapang Siagakan 52 Kapal Hadapi Libur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki libur panjang peringatan Maulid Nabi, Pelabuhan ASDP Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur ramai dipadati kendaraan, dari Pulau Bali maupun sebaliknya, pada Selasa malam.

Meski terpantau ramai, namun tak sampai menimbulkan kemacetan yang berarti di dalam pelabuhan. Mengantisipasi lonjakan kendaraan, pihak ASDP menyiagakan sedikitnya 52 kapal, untuk melayani penumpang di Pelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, 29 Oktober 2020.

Ratusan kendaraan roda 2 dari Pulau Bali, mulai berdatangan di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi sejak Selasa malam. Para pemudik roda 2 yang memilih pulang kampung pada libur panjang Maulid Nabi. Para pemudik memilih perjalanan malam untuk menghindari cuaca terik di siang hari.

Mobil pribadi para pelancong yang akan menikmati libur panjang di Pulau Bali juga berdatangan di Pelabuhan Ketapang. Berbarengan dengan kendaraan logistik yang akan mengirim bahan-bahan pokok ke Pulau Bali. Satu areal parkir sisi utara pelabuhan pun penuh dipadati kendaraan yang mengantre untuk masuk kapal.

Mengantisipasi lonjakan kendaraan, pada libur panjang ini, pihak ASDP Ketapang menyiagakan sedikitnya 52 kapal motor, yang siap melayani penumpang baik di Pelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Gilimanuk Bali. Selain kapal, pihak ASDP juga akan mengoptimalkan tujuh dermaga di setiap pelabuhan.

"Untuk operasional kapal sendiri, kami menyiapkan kapal yang tersedia di lintas Ketapang Gilimanuk sebanyak 52 kapal, kemudian beroperasi per hari sebanyak 32 kapal, dari sisi pelabuhan sendiri, kami menyiapkan tujuh pelabuhan, di Ketapang tujuh dan di Gilimanuk tujuh dermaga," ujar Fahmi Alweni, General Manager ASDP Ketapang.

Lonjakan kendaraan diprediksi meningkat 10 persen, dibandingkan hari biasanya. Namun, jumlah ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mengingat kondisi saat ini masih di masa pandemi COVID-19.