Sukses

Hampir Separuh Warga Surabaya Belum Tentukan Pilihan di Pilkada, Ini Buktinya

Survei Populi Center dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Liputan6.com, Surabaya - Lembaga survei Populi Center merilis elektabilitas Pasangan Calon (Paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) Surabaya 2020.

Dari hasil survei tersebut, Eri Cahyadi dan Armuji merupakan pasangan yang paling dipilih menjadi wali dan wakil Wali Kota Surabaya periode mendatang dengan 41,0 persen. 

"Sedangkan pasangan calon Machfud Arifin  dan Mujiaman Sukirno dengan persentase 37,7 persen," tutur Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati di Surabaya, Jumat (30/10/2020). 

Hartanto menuturkan, Populi Center merupakan lembaga non-profit yang mendalami masalah opini dan kebijakan publik menyelenggarakan survei di kota Surabaya mulai 6 hingga 13 Oktober 2020 di 60 desa/kelurahan yang tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan di Surabaya, Jawa Timur.

"Tujuan pelaksanaan survei ini adalah untuk melihat tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dari para pasangan calon dalam pemilihan wali lota dan wakil wali kota Surabaya," ujar dia. 

Hartanto mengatakan, survei dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). "Adapun Margin of error pada survei kali ini sebesar 4,0 persen dengan tingkat kepercayan 95 persen," tutur dia. 

Hartanto mengungkapkan, pemilihan Surabaya sebagai lokasi survei mengingat kota Surabaya merupakan salah satu kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. 

"Selain itu, menarik untuk melihat bagaimana masyarakat mengharapkan sasok pengganti Tri Rismaharini yang selama ini dinilai memiliki banyak prestasi," ujarnya. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Temuan Lainnya

Hasil termuan lainnya dari survei ini, lanjut Hartanto, nama Machfud Arifin merupakan nama yang paling banyak dikenal dengan persentase 74,0 persen, diikuti oleh Eri Cahyadi dengan 68,8 persen, Armuji dengan 55,0 persen dan Mujiaman Sukirno 50,2 persen.  

Sedangkan nama Eri Cahyadi, lanjut Hartanto, unggul untuk kategori akseptabilitas sebagai sosok yang mampu mermbawa perbaikan, sosok yang disukai, sering muncul di media sosial, paling memahami persoalan di kota Surabaya, dan dinilai paling mampu menangani COVID-19. 

"Sosok Machfud Arifin dinilai sebagai sosok yang paling mampu memimpin. Perbedaan akseptabilitas antar kedua tokoh masih dalam batas margin of error," tutur Hartanto. 

3 dari 3 halaman

Tingkat Kemantapan Pilihan

Sementara itu, terkait tingkat kemantapan pilihan, lanjut Hartanto, masyarakat yang menjawab sudah mantab dengan 52,0 persen. Disusul dengan masih mungkin berubah dengan 31,8 persen, dan tidak tahu/ tidak jawab dengan 16,2 persen. 

"Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat masyarakat yang belum menentukan pilihan atau ndecided voters cukup tinggi dengan 48,0 persen," kata Hartanto. 

Untuk tingkat partisipasi, lanjut Hartanto, sebesar 80,7 persen mengaku akan menggunakan hak pilihnya dan sebesar 14,2 persen menjawab masih mempertimbangkan situasi perkembangan COVID-19. 

"Kemudian sebesar 23 persen menjawab tidak datang ke TPS. Hal ini menunjukkan bahwa antusianisme dan tingkat partisipasi atau voters turnout warga kota Surabaya cukup tinggi," ucap Hartanto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.