VIDEO: Hujan Deras Guyur Pasuruan, 7 Kecamatan Terendam Banjir

VIDEO: Hujan Deras Guyur Pasuruan, 7 Kecamatan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Pasuruan, Jawa Timur, sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari, membuat sejumlah sungai meluap, hingga menyebabkan banjir di tujuh kecamatan.

BPBD setempat, hingga Minggu siang masih bersiaga dengan sejumlah peralatannya, mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Berikut pemberitaannya pada Fokus, 2 November 2020.

Beberapa perahu karet disiagakan, di Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Pasuruan, salah satu desa yang terendam banjir akibat luapan Sungai Rejoso, sejak Minggu pagi. Selain untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir, perahu ini digunakan untuk mengantar warga yang hendak memantau kondisi rumahnya.

Lebih dari 100 rumah di Desa Kedawung Kulon, terendam banjir. Meski demikian, sebagian besar warga memilih bertahan di rumahnya, untuk menjaga perabotan sambil berjaga-jaga jika air terus meninggi.

Selain wilayah Kecamatan Grati, banjir merendam ratusan rumah di enam kecamatan lainnya, yakni Rejoso, Bangil, Beji, Rembang, Kraton, dan Winongan. Setidaknya terdapat tiga sungai besar yang meluap, diantaranya, Sungai Rejoso, Sungai Welang, dan Sungai Kedung Larangan.

Sampai Minggu siang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan, masih mendata jumlah warga yang terdampak banjir, dan menyiapkan bantuan daruratnya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 November 2020, 14:33 WIB

Video Terkait

Spotlights