Sukses

Percepat Ekspor, Mentan Dukung Layanan Karantina Sayur dan Buah

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan, keberadaan fasilitas pusat grosir buah dan sayur yang modern, dengan rantai pendingin sangat bermanfaat bagi produk pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan sektor pertanian di Jawa Timur berpotensi besar.untuk penuhi kebutuhan dalam negeri bahkan pasar dunia.

Ia pun mendukung keberadaan layanan karantina sayur dan buah di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sehingga pelaku usaha dapat melakukan proses bisnis ekspor dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

"Sektor pertanian di Jawa Timur memiliki potensi besar, selain dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri juga laris di pasar dunia. Dengan fasilitas layanan cepat ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing," ujar dia di kawasan Suncity Biz, Porong Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa, (3/11/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan keberadaan fasilitas pusat grosir buah dan sayur yang modern, dengan rantai pendingin atau cold chain storage, sangat bermanfaat bagi produk pertanian yang bersifat mudah rusak atau perishable.

"Untuk mempercepat ekspor produk segar pertanian ke manca negara, kami siapkan layanan pemeriksaan jemput bola. Petugas karantina yang datang dan memastikan produk sehat, aman dan sesuai protokol ekspor," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitator Pertanian

Sebagai informasi, saat ini aturan tarif tidak lagi populer di perdagangan internasional dan berganti menjadi pemenuhan persyaratan teknis sanitari dan fitosanitari bagi produk pertanian.

Untuk itu peran Badan Karantina Pertanian (Barantan) selaku fasilitator pertanian di perdagangan internasional menjadi strategis dalam upaya peningkatan ekspor produk pertanian.

"Sejalan dengan kebijakan meningkatkan nilai ekspor tiga kali lipat, Barantan menyiapkan fasilitas pemeriksaan inline inspection. Jadi komoditas diperiksa di gudang dan langsung dikemas. Sehingga tiba tempat pengeluaran dapat langsung diberangkatkan ke negara tujuan," kata Kepala Barantan, Ali Jamil yang hadir dan mendampingi bersama Direktur Jendral Tanaman Pangan, Suwandi.

Jamil juga menyebutkan sebagai wujud komitmen karantina dan pabean mendukung kelancaran arus barang di pelabuhan, maka waktu tunggu atau dwelling time harus cepat dan biaya harus murah. Sesuai arahan Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo, pihaknya mendorong kelancaran arus barang agar iklim logistik nasional menjadi lebih baik.

"Saat ini sudah 950 pelaku usaha pertanian yang telah memanfaatkan fasilitas pemeriksaan bersama karantina-pabean, dan akan kita dorong terus. Apalagi komoditas pertanian yang kaitan erat dengan pangan dan energi, harus dipastikan lancar," kata Jamil.

Sementara itu, Direktur Suncity Group Chandra Dedi Purnama menyebutkan kawasan miliknya telah menggandeng berbagai asosiasi pasar modern, hotel, mal dan juga asosiasi petani juga dilibatkan.

"Dengan menggandeng semua elemen tersebut kami bisa melayani kebutuhan buah dan sayur di Indonesia timur dan merambah pasar Eropa," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.