Sukses

Arumi Bachsin: Ikan Punya Berjuta Manfaat tapi Harga Dapat Sesuai Kantong

Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin mengapresiasi pencapaian konsumsi ikan di Kota Probolinggo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin berharap konsumsi ikan di Kota Probolinggo, Jawa Timur meningkat. Arumi Bachsin juga mengapresiasi tingginya angka konsumsi ikan di Kota Probolinggo.

"Pencapaian konsumsi ikan di Kota Probolinggo 44 kg per kapita, itu sangat luar biasa. Ada harapan saya bahwa angka itu bisa terus meningkat," ujar Arumi Bachsin saat menghadiri kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Probolinggo, Selasa, 3 November 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, perluasan gemarikan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Jawa Timur, khususnya Kota Probolinggo karena ikan punya gizi seimbang dan aman.

"Di tengah pandemi COVID-19, konsumsi ikan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Ikan punya berjuta manfaat, tapi bukan berjuta rupiah karena harganya yang bervariasi dapat disesuaikan dengan kantong kita," ujar dia.

Arumi Bachsin menuturkan, perluasan kampanye Gemarikan dilaksanakan oleh Forikan Jatim ke 17 kota/kabupaten dan Kota Probolinggo menjadi lokasi ke-8, karena diharapkan dapat menjadi stimulan dari 44 kg per kapita konsumsi ikan dapat meningkat lagi.

"Gemarikan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya anak-anak serta menuntaskan angka stunting di Jawa Timur," ucap istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak itu.

Arumi menuturkan, Provinsi Jatim punya angka stunting yang belum rendah dan dikhawatirkan saat pandemi terjadi penurunan ekonomi selanjutnya justru angka stunting meningkat.

"Sumber gizi yang baik salah satunya ikan. Gizinya banyak dan harga fleksibel. Saya berharap masyarakat membiasakan diri konsumsi ikan karena dikelilingi laut yang kaya akan ikan," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendorong Kampanye Gemarikan

Sementara Ketua Forikan Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin mengatakan kegiatan kampanye Gemarikan diharapkan masyarakat menyadari pentingnya makan ikan.

"Gemarikan bukan berisi slogan, tapi sebuah program nyata agar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat seperti kegiatan saat ini," katanya.

Dia menuturkan, kegiatan tersebut sangat bagus di masa pandemi COVID-19 karena dapat meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada masyarakat, serta dapat menggerakkan sektor riil, seperti pengolah, pembudidaya dan nelayan.

Gemarikan itu, lanjut Aminah, menjadi media memperkenalkan berbagai jenis olahan berbahan dasar ikan karena potensi ikan sangat besar, bergizi tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak, ibu hamil hingga lansia.

"Gemarikan mampu mengakomodasikan kepentingan pemerintah, instansi terkait dan masyarakat dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, kuat dan cerdas," katanya.

Dalam kegiatan itu, Ketua Forikan Jatim Arumi Bachsin didampingi Ketua Forikan Kota Probolinggo Aminah Hadi memberikan 200 paket berisi produk olahan hasil perikanan, seperti krupuk, amplang, abon, stik dan minuman rumput laut kepada warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.