VIDEO: SMA dan SMK di Banyuwangi Mulai Uji Coba Belajar Tatap Muka

VIDEO: SMA dan SMK di Banyuwangi Mulai Uji Coba Belajar Tatap Muka

Sejumlah SMK, dan SMA di Banyuwangi, Jawa Timur, mulai melakukan uji coba pembelajaran secara langsung, atau sekolah tatap muka, Senin pagi.

Uji coba sekolah tatap muka di tengah pandemi ini, digelar di 14 sekolah selama 7 hari ke depan. Selama proses pembelajaran tatap muka, pembatasan jumlah siswa hingga protokol kesehatan diterapkan secara ketat, untuk menghindari penularan COVID-19. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, 3 November 2020.

Meski masih masa pandemi Covid-19, sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Menengah Atas di Banyuwangi, Jawa Timur, mulai menggelar uji coba pembelajaran secara langsung, atau tatap muka, Senin pagi. Salah satunya adalah SMK Negeri 2 Tegalsari di Kecamatan Tegalsari.

Sebelum masuk kelas, murid wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan dicek suhu tubuh oleh petugas keamanan sekolah. Tidak hanya siswa, guru pengajar juga wajib memakai masker, dan memakai sarung tangan.

Untuk menghindari kerumunan, belajar tatap muka ini, peserta didik hanya dibatasi 25 persen dari seluruh jumlah siswa, dengan waktu belajar selama 3 jam.

Uji coba pembelajaran secara tatap muka ini, disambut baik siswa. Mereka senang bisa kembali berkumpul dengan teman, dan guru setelah hampir setahun ini, belajar di rumah secara online.

"Senang, gembira, intinya bisa kumpul-kumpul sama teman, sama guru," ungkap Syaiful Bahri, Siswa SMKN 2 Tegalsari.

"Teknisnya adalah pembelajaran luring terbatas, itu dibatasi 25 persen jumlah kehadiran siswa berada di sekolah, kemudian tetap kita tekankan protokol kesehatan," kata Umar Said, Kepala SMKN 2 Tegalsari.

Setelah proses pembelajaran tatap muka, guru, dan tim gugus tugas melakukan evaluasi selama kegiatan yang ada di sekolah. Uji coba pembelajaran tatap muka ini, dilaksanakan selama 7 hari ke depan, di 14 sekolah menengah kejuruan, dan menengah atas yang ada di Banyuwangi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 November 2020, 10:09 WIB

Video Terkait

Spotlights