Sukses

Donald Trump dan Joe Biden Bertarung, Apa Efeknya terhadap Ekonomi Indonesia?

Masyarakat dunia termasuk Indonesia juga menanti hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat. Lalu apa dampaknya hasil pilpres AS terhadap ekonomi Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020 masih berlangsung. Masyarakat dunia termasuk Indonesia juga menanti hasil pemilihan presiden di Amerika Serikat. Lalu apa dampaknya hasil pilpres AS terhadap ekonomi Indonesia?

Pengamat Ekonomi dari Universitas Airlangga (Unair) Wisnu Wibowo menuturkan, Indonesia menerapkan small open economy sehingga dinamika global termasuk ajang pilpres AS juga terpengaruh. Apalagi AS juga termasuk mitra strategis Indonesia dalam perdagangan internasional.

"Data September 2020, ekspor nonmigas dengan tujuan Amerika Serikat termasuk kedua setelah Tiongkok. Nilainya 12,68 persen atau USD 1,69 miliar dari total ekspor Indonesia ke seluruh dunia,” ujar Wisnu saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (4/11/2020).

Wisnu menuturkan, dari sisi petahana yaitu Donald Trump menerapkan kebijakan tertutup dengan ada pembatasan terhadap arus barang dan jasa dari luar AS. Hal tersebut menjadi tantangan bagi negara lain termasuk Indonesia. Mengingat Indonesia akan menggenjot ekspor dan menciptakan surplus perdagangan.

"Pada periode pertama Donald Trump dengan slogan make America great again melakukan pembatasan barang dan jasa dari luar AS. Ini akan berlanjut kalau Donald Trump menang,” kata dia.

Ia menambahkan, ketidakpastian perang dagang juga akan membayangi jika Donald Trump menang. Kebijakan AS tersebut, menurut Wisnu dapat memicu negara lain untuk membalas aksi perang dagang.

"Barang-barang dari AS akan dihambat ke China, perang dagang berkepanjangan ciptakan ketidakstabilan sehingga sulit perbaiki neraca (dagang-red) yang defisit,” ujar dia.

Sementara itu, dari segi impor, Wisnu menuturkan, Indonesia juga banyak impor bahan baku penolong dari Amerika Serikat.

"AS terbanyak keempat setelah Tiongkok, Jepang, Singapura, sekitar 5,84 persen. Ini akan berdampak ketidakstabilan hubungan dagang,” kata dia.

Wisnu mengatakan, jika Donald Trump lebih konservatif, Joe Biden cenderung lebih bebas. Hal ini menurut Wisnu dapat mendorong fleksibilitas dari segi ekspor.

"Ini punya peluang untuk meningkatkan ekspor khususnya ke AS. Hambatan akan berkurang karena kebijakan lebih longgar, dan timbulkan kestabilan hubungan perdagangan antar negara,” ujar dia.

Dari sisi pergerakan mata uang, Wisnu menuturkan, jika Donald Trump akan mendorong kinerja perdagangan AS lebih baik. Ini akan mendorong dolar AS menguat dan rupiah tertekan. Di sisi lain, jika Joe Biden menang, menurut Wisnu, kinerja ekspor berpotensi meningkat sehingga akan memperkuat rupiah.

Meski demikian, Wisnu mengatakan, dari segi pajak, kebijakan Joe Biden tidak terlalu disukai karena dongkrak pajak.

Sedangkan Donald Trump, menurut Wisnu akan merelaksasi pajak untuk dongkrak ekonomi. Hal itu menurut Wisnu akan disukai oleh pelaku ekonomi terutama di AS. Wisnu menuturkan, pilpres AS itu bagaimana juga masyarakat AS merasakan dampak kebijakan pemerintahnya.

“Jika masyarakat AS merasakan dampak kebijakan perdagangan yang dilakukan Trump manfaatnya banyak dirasakan, kalau percuma terbuka perdagangan tidak maksimal,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan COVID-19 Jadi Kunci

Terkait respons pasar keuangan global termasuk Indonesia, terkait pilpres AS, menurut Wisnu, hal itu tergantung dari penanganan COVID-19. Wisnu mengatakan, pasar keuangan melihat bagaimana pemimpin menangani COVID-19

“Di tengah hiruk pikuk pilpres AS, dunia dihadapkan ancaman resesi karena pandemi COVID-19. Melihat keberhasilan penanganan COVID-19 menjadi kunci. Donald Trump agak kurang all out untuk penanganan, Joe Biden intensif. Perspektif Joe Biden di pasar keuangan dapat kepastian itu akan menjaga stabilitas,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.