Sukses

Jelang Debat Perdana Pilkada Surabaya 2020, Bagaimana Persiapan Dua Paslon?

Pasangan Eri Cahyadi-Armudji dan Machfud Arifin-Mujiaman bakal beradu gagasan serta menjawab masalah dan tantangan Surabaya di era Pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyelenggarakan debat publik perdana bagi pasangan calon (paslon) yang Pilkada Surabaya 2020. Debat publik perdana digelar di Ballroom JW Marriot, Surabaya, tepat pukul 19.00 WIB, Rabu (4/11/2020).

Pasangan Eri Cahyadi-Armudji dan Machfud Arifin-Mujiaman bakal beradu gagasan serta menjawab masalah dan tantangan Surabaya di era Pandemi COVID-19. 

"Tema besarnya Menjawab Permasalahan dan Tantangan Kota Surabaya di Era Pandemi Covid-19," ujar Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi. 

Syamsi mengatakan, tema besar itu kemudian dibreakdown menjadi lima sub tema sekaligus lima pertanyaan oleh lima panelis yang dipilih dari berbagai perguruan tinggi di Jatim. 

Para panelis itu adalah Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Nurhasan, Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Dr Sukadiono, Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof Dr David S. Perdanakusuma, Dr Romy Hermawan dari Universitas Brawijaya Malang, dan Akhmad Jayadi yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi Unair. 

"Mereka ditunjuk sesuai dengan kapasitas keilmuannya. Perlu diketahui, kita juga tidak apa pertanyaannya untuk kandidat di debat nanti," ujar Syamsi. 

Syamsi menuturkan, lima sub tema yang ditentukan telah disampaikan kepada masing-masing liaison officer (LO) pasangan calon. Sedangkan lima pertanyaan masih tersimpan di masing-masing panelis dan baru disampaikan saat debat dilaksanakan. 

"Lima pertanyaan untuk masing-masing paslon disampaikan pada saat debat berlangsung," kata dia. 

Debat akan berlangsung 120 menit dengan rincian 90 menit debat dan 30 menit iklan layanan masyarakat. Debat dimulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, disiarkan secara langsung melalui TVRI, SBO TV dan JTV.

Mengingat masih suasana pandemi COVID-19, jumlah orang yang boleh masuk ke lokasi debat pundibatasi. Hanya ada dua pasangan calon, 4 tim kampanye untuk masing-masing Paslon, panelis, satgas Covid-19, dua orang dari Bawaslu, dan komisioner KPU Surabaya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Dua Paslon

Dikonfirmasi terpisah, Jubir Tim Pemenangan Eri Cahyadi dan Armudji, Aprizaldi mengatakan, tak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh Eri maupun Armudji.

"Kami tidak ada persiapan khusus. Persiapan Mas Eri adalah belasan tahun menggeluti masalah dan mencarikan solusinya untuk rakyat Surabaya, sebagaimana beliau lakukan selama di Pemkot Surabaya,” ujarnya. 

Sedangkan calon Wali Kota Surabaya nomor urut 02, Machfud Arifin mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk tampil dalam debat besok. Persiapan yang dilakukan hanya diskusi dan konsolidasi saja. 

"Tak ada persiapan apa-apa. Yang penting adalah mengevaluasi kerjaan-kerjaan yang dilakukan dan membahas hasil survei. Terus membahas yang akan dikerjakan ke depan," tutur dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.