VIDEO: Limbah Sabut Kelapa Melimpah, Warga Madiun Sulap Jadi Pot Bunga

VIDEO: Limbah Sabut Kelapa Melimpah, Warga Madiun Sulap Jadi Pot Bunga

Kerajinan berbahan dasar serabut kelapa, Agung Cahyo Wibowo seorang desainer grafis warga Desa Kertosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Menyulap serabut kelapa menjadi pot cantik, tanaman hias. Buah tangan Agung Cahyo Wibowo lahir akibat pandemi covid.

Inilah berbagai macam pot berbahan baku serabut kelapa. Adalah Agung Cahyo Wibowo, seorang desainer grafis, warga Desa Kertosari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang menyulap limbah tersebut menjadi pot-pot cantik tanaman hias. Buah karya Agung ini lahir, lantaran pandemi, membuat orderan desain sepi.

Butuh ketelatenan untuk membuat pot dari serabut kelapa. Setidaknya ada tujuh macam pot dengan bentuk bervariasi, yang dibuat Agung, di antaranya, kotak, setengah lingkaran, hati, dan kerucut. Berikut video inspiratifnya untuk Anda pada Liputan6, 31 Oktober 2020.

Demam tanaman hias di tengah masyarakat, membuat pesanan pot meningkat. Pesanan datang dari sejumlah kota di Jawa Timur, bahkan dari Bekasi, atau Jakarta.

"Berangkat dari pandemi, itu hampir semua sektor, kegiatan hampir-hampir berhenti, saya melihat betapa limbah sabut kelapa atau limbah kelapa ini sangat banyak sekali, makanya kemudian kok saya coba sobek-sobek, kok bisa membentuk sesuatu," ujar Agung Cahyo Wibowo, Pengrajin Pot Serabut Kelapa.

Dalam sehari, Agung yang dibantu empat tetangganya mampu membuat 40 pot. Harga jual Rp 10.000 sampai Rp 30.000, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan. Kini dalam sebulan, Agung bisa meraih omzet Rp 4 juta sampai lebih dari Rp 7 juta.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 November 2020, 22:41 WIB

Video Terkait

Spotlights