Sukses

5 Kuliner Nasi Khas Gresik, Unik dan Menggoda Selera

Di Gresik jangan sampai terlewat lima kuliner ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak jauh dari Surabaya, Gresik menjadi tujuan wisata menarik di Jawa Timur. Gresik merupakan kabupaten yang berbatasan dengan Kota Surabaya. Di Gresik banyak kuliner yang menarik untuk dicicipi.

Salah satu kuliner Gresik yang wajib dicoba adalah nasi. Di Gresik ada beberapa hidangan nasi yang begitu istimewa. Nasi ini merupakan kuliner khas yang sudah melegenda bagi warga Gresik. Kuliner nasi ini punya rasa, bentuk, dan ciri khas yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. 

Kuliner nasi di Gresik masih mempertahankan kesan tradisionalnya. Jika kamu singgah di kabupaten ini, jangan lupa untuk mencicipi nasi khas Gresik ini. Berikut 5 kuliner nasi khas Gresik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(6/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nasi Krawu

Nasi Krawu merupakan kuliner nasi khas Gresik yang sangat terkenal. Hidangan ini banyak diburu wisatawan saat mengunjungi Gresik. Nasi krawu berisi nasi pulen hangat dengan beragam lauk pauk yang menggoda.

Nasi ini berisi sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis, terasi dan serundeng. Sambal pada nasi krawu memiliki rasa pedas yang khas. Nasi krawu wajib dicicipi bagi kamu pencinta makanan pedas. Nasi ini juga begitu khas karena disajikan dengan piring beralaskan daun pisang.

3 dari 6 halaman

Sego Menir

Sego Menir merupakan salah satu kuliner khas Gresik yang cukup langka. Sego menir menawarkan rasa yang segar berkat campuran kuahnya. Sego menir merupakan nasi yang diguyur oleh kuah bening. Kuah ini terbuat dari campuran menir atau beras yang sudah berupa pecahan atau patahan saat digiling.

Kuah menir juga berisi sayur kangkung yang segar. Sego Menir biasa disajikan bersama sambal pencit atau sambal mangga muda khas Jawa Timur. Lauk-lauk lain juga biasa disajikan bersama sego menir. Ini seperti udang goreng, telur dadar, gorengan, pepes ikan, dan banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Nasi Gulung

Jika kamu pergi ke Pulau Bawean, Gresik, jangan lupa untuk mencicipi nasi gulung. Nasi gulung menyerupai nasi lontong yang digulung daun pisang. Kemudian nasi tersebut dimakan dengan abon ikan yang sudah disediakan terpisah dengan nasi.

Nasi gulung biasanya disajikan bersama sambal yang terbuat dari parutan kelapa yang di sangrai U. Nasi gulung bisa ditemukan di Pasar Sangkapura. Nasi gulung juga menjadi kuliner khas dari Pulau Bawean, Gresik.

5 dari 6 halaman

Sego karak

Nasi Karak atau sego karak terdiri dari nasi dan ketan hitam yang sudah ditanak hingga matang. Makanan khas Kota Gresik satu ini dilengkapi dengan parutan kelapa dan tempe goreng di atas nasi. Nasi ini merupakan menu sarapan khas Gresik.

Biasanya Nasi Karak memang dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Kamu juga bisa menambah cabai untuk memberi sensasi pedas saat menyantapnya.

6 dari 6 halaman

Sego Rumo

Sego Rumo merupakan makanan khas Kota Gresik yang sepintas mirip dengan bubur sumsum berwarna oranye. Sego Rumo merupakan sajian nasi putih yang disuguhkan dengan pincuk daun pisang dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk. Di atas pincukan ini kemudian disiram kuah kental dan ditambah dengan taburan serundeng.

Jika kamu berkunjung ke Gresik, kamu akan sangat mudah menemukan kuliner yang satu ini, karena banyak penjual di pinggir jalan yang menjajakan sego rumo. Sego Rumo juga dapat ditemui di pasar-pasar tradisional yang berada di kota Gresik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.