Sukses

Janji Emil Dardak untuk Bangsring Underwater Banyuwangi

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak berwisata ke Bangsring Underwater Banyuwangi

Liputan6.com, Surabaya- Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak berwisata ke pantai di Banyuwangi, Sabtu (7/11/2020). Ia memilih objek wisata Bangsring Underwater yang terletak di utara Banyuwangi yakni Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Sejak 2007, nelayan Bangsring sepakat menjadikan kawasan konservasi seluas 15 hektare. Saat ini sudah terdapat ribuan transplantasi terumbu karang di bawahnya, ikan-ikan yang dulu hilang juga sudah kembali.

Di kawasan ini juga terdapat rumah apung yang menjadi lokasi pengunjung menikmati ikan hias laut. Dari destinasi ini, pengunjung bisa langsung menuju Pulau Tabuhan yang terkenal dengan keelokan pasir putihnya. 

Objek wisata ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Kota Banyuwangi sekitar 40 menit. Wagub Emil Dardak mengamati tempat konservasi terumbu karang, melihat perpustakaan alam dan upaya perang melawan plastik dengan menempatkan sampah plastik di sebuah tempat besar di lokasi itu.

“Potensi wisata Banyuwangi sangat besar, terlebih masyarakatnya mendukung penuh dengan membuat destinasi wisata yang edukatif, termasuk Bangsring Underwater, dari pantai biasa bisa menjadi sebuah tempat konservasi terumbu karang,” ujar Emil Dardak seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (8/11/2020).

Ia berharap semangat kelestarian yang dilakukan pemuda dan nelayan di pesisir Pantai Bangsring bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Hal ini bisa ditiru masyarakat pesisir lain di seluruh Indonesia, khususnya Jatim.

Emil Dardak berjanji bakal memberi bantuan berupa perlengkapan menyelam untuk pengelola Bangsring Underwater Banyuwangi agar proses pelestarian laut bisa lebih optimal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.