Sukses

Jalan-Jalan ke Kampung Madu Kediri Saat Pandemi COVID-19

Setelah sempat ditutup pada awal masa pandemi, Kampung Madu Sumber Podang di Kediri kembali dibuka untuk umum.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah sempat ditutup pada awal masa pandemi, Kampung Madu Sumber Podang di Kediri kembali dibuka untuk umum. Tempat ini merupakan objek wisata sekaligus tempat edukasi seputar lebah madu.

Seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (8/11/2020), Kampung madu Sumber Podang yang berlokasi di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Desa Joho terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 567,20 meter di atas permukaan laut.

Meskipun di lereng gunung, lokasinya mudah dijangkau. Jalurnya sudah beraspal. Pengunjung tak akan kesulitan mencapai lokasinya.

Memasuki lokasi wisata itu, pengunjung akan disambut dengan gapura ucapan selamat datang di wisata "Sumber Podang". Gapuranya kecil, namun cukup jelas menunjukan daerah itu sudah masuk lokasi wisata Sumber Podang.

Lebah madu menjadi sumber ekonomi unggulan dari daerah ini. Madu yang ada di tempat ini pun beragam, seperti kaliandra, randu, mangga, dan mente. Nikmah, salah seorang pedagang madu di Desa Joho Kediri mengungkapkan pada awal pandemi Covid-19, permintaan madu sangat tinggi. Bahkan, omzetnya hingga Rp 50 juta per bulan.

Harga jual madu relatif terjangkau, mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 175.000 per satu liter.

“Tingginya permintaan ke kampung madu Kediri karena madu baik untuk daya tahan tubuh,” ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.