Sukses

Komunitas Relawan Sumbang Buku Bacaan bagi Pasien COVID-19 di RS Darurat Surabaya

Komunitas relawan pendamping pasien terpapar COVID-19 mendistribusikan buku bacaan di RS Darurat Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas relawan pendamping pasien terpapar COVID-19 berharap sumbangan buku bacaan di Rumah Sakit Lapangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II, Jalan Indrapura Surabaya dapat bermanfaat untuk menemani pasien.

Sebelumnya komunitas relawan pendamping pasien terpapar COVID-19 mendistribusikan buku bacaan di RS Darurat Surabaya.

Beberapa buku di antaranya diserahkan secara simbolis kepada perwakilan dokter di Rumah Sakit Darurat Surabaya itu, bersamaan dengan prosesi pemulangan sejumlah pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh, Minggu siang. 

"Ini sekitar seratusan buku yang kami sumbang. Nanti pasti akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu," tutur relawan pendamping pasien COVID-19 Kevin Purnomo kepada wartawan," seperti dikutip dari Antara, ditulis Senin, (9/11/2020).

Beberapa buku yang disumbangkan tergolong baru. "Ada macam-macam buku. Untuk anak-anak juga ada. Pokoknya lengkap," ujarnya. 

Setelah buku-buku bacaan tersebut diserahterimakan, para relawan mendirikan perpustakaan yang diberi nama "Pustaka Indrapura", yang berlokasi di lingkungan Rumah Sakit Darurat Surabaya. 

"Kami berharap buku-buku yang ada di perpustakaan ini bisa bermanfaat untuk menemani para pasien yang sedang menjalankan masa isolasi, sembari meningkatkan imunitasnya hingga nanti dinyatakan sembuh," ucap Kevin.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

66 Pasien Masih Jalani Perawatan di RS Darurat Surabaya

Dokter umum Rumah Sakit Darurat Surabaya Tanri Hadinata Wiranegara menyampaikan terima kasih kepada sejumlah komunitas relawan yang telah menyumbang buku-buku bacaan serta mendirikan perpustakaan.

"Di sini karaokean sudah ada. Tentu membaca buku bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu para pasien yang sedang menjalani masa isolasi," ujarnya. 

Tanri menuturkan, tercatat sebanyak 3.003 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Surabaya telah dinyatakan sembuh.

"Saat ini tersisa 66 pasien yang masih menjalani masa perawatan. Mereka adalah pasien COVID-19 dengan kategori sedang, serta sebagian tanpa gejala," ujar dia.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.