Sukses

Hari Pahlawan, Cek Tiket Gratis KA bagi Guru dan Nakes dari KAI Daop yang Berada di Jatim

Total tiket gratis yang diberikan kepada tenaga kesehatan dan guru dalam rangka hari pahlawan di KAI Daop yang berada di wilayah Jawa Timur antara lain KAI Daop 7, 8, dan 9 capai 1.596.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI menyediakan sebanyak 10.000 voucher tiket KA jarak jauh secara gratis kepada guru dan tenaga kesehatan (bidan dan perawat). Program ini dalam rangka menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2020.

Tiket tersebut dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8-30 November 2020. Sejumlah wilayah KAI di daerah Jawa Timur pun membagikan voucher tiket gratis kepada guru dan tenaga kesehatan untuk menyambut Hari Pahlawan. KAI di daerah operasi yang berada di wilayah Jawa Timur itu antara lain Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, dan Daop 9 Jember.

KAI hanya menggratiskan tiket KA melalui voucher yang diberikan, sedangkan biaya tes cepat COVID-19 sebesar Rp 85.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi tanggung jawab pengguna voucher.

Di PT KAI Daop 8 Surabaya membagikan 1.037 voucher tiket KA yang dapat digunakan untuk keberangkatan 8-30 November 2020. Pemberian voucher tiket KA ini juga untuk peringati Hari Pahlawan.

Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Fredi Firmansyah menuturkan, program gratis naik KA ini untuk menghormati dan menghargai guru dan tenaga kesehatan yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa.

"Sebanyak 1.037 voucher tiket telah disiapkan dan dapat diambil di Stasiun Surabaya Gubeng," ujar Fredi Firmansyah, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 6 November 2020.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cek Syarat di Pengambilan Voucher Tiket di KAI Daop 8 Surabaya

Ada pun yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru TK hingga SMA atau sederajat dan tenaga kesehatan. Program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha.

Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku.

Terdapat sembilan KA kelas eksekutif dan ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8-30 November 2020 dengan menukarkan voucher tersebut.

Terdapat KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya (Daftar KA terlampir). Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas.

Voucher dapat diambil di customer service di Surabaya Gubeng. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan. Kuota pengambilan voucher perhari terbatas untuk menciptakan physical distancing.

Voucher tiket KA eksekutif dapat diambil mulai 7- 29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 8-30 November 2020.

Adapun voucher tiket KA ekonomi dapat diambil mulai 11-29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 12-30 November 2020.

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di customer service Stasiun Surabaya Gubeng, voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Malang.

3 dari 6 halaman

KAI Daop 7 Madiun Bagikan 225 Tiket

Demikian juga PT KAI Daop 7 Madiun Jawa Timur menyediakan sebanyak 225 tiket KA jarak jauh gratis bagi guru dan tenaga kesehatan. Tiket KA itu digunakan untuk periode keberangkatan 8-30 November 2020 dalam rangka menyambut Hari Pahlawan.

Manager Humas PT KAI (Prsero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya di Madiun mengatakan, program pembagian tiket gratis bagi guru dan nakes tersebut sebagai upaya menghormati dan menghargai guru serta nakes yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa, Sabtu, 7 November 2020.

"Terdapat kuota sebanyak 225 tiket bagi guru dan tenaga kesehatan yang disediakan di Daop 7 Madiun. Tiket bisa diambil di Stasiun Madiun," ujar Ixfan kepada wartawan, dilansir dari Antara.

Menurut dia, kuota sebanyak 225 tiket bagi guru dan tenaga kesehatan tersebut hanya terdapat di KA Brantas relasi Blitar-Pasar Senen, Jakarta. Dari 225 tiket gratis tersebut, sebanyak 35 kursi untuk kelas eksekutif dan 190 kursi untuk kelas ekonomi.

Adapun guru dan tenaga kesehatan sengaja dipilih, karena profesi guru merupakan sosok utama di garda terdepan pendidikan, mengingat pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting pencetak generasi bangsa.

"Sedangkan nakes juga merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tapi rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain," katanya di Madiun.

4 dari 6 halaman

Cek Syarat Pembagian Tiket di KAI Daop 7 Madiun

Ixfan menjelaskan yang berhak mendapatkan tiket gratis tersebut adalah guru TK sampai dengan SMA atau sederajat, serta tenaga kesehatan.

"Program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif dan tata usaha. Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk nakes, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku," ujar dia.

Adapun, voucher dapat diambil di Customer Service di Stasiun Madiun. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan. Kuota pengambilan voucher per hari terbatas untuk menciptakan "physical distancing".

Voucher itu hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di Customer Service Stasiun Madiun, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah Daop 7 Madiun menggunakan KA Brantas.

5 dari 6 halaman

Pembagian Tiket Gratis di KAI Daop 9 Jember

PT KAI Daop 9 Jember juga memberikan tiket gratis kepada guru dan tenaga kesehatan untuk menyambut Hari Pahlawan.

"Tersedia 334 voucher tiket KA yang terdiri dari 100 KA kelas eksekutif dan 234 KA kelas ekonomi yang bisa digunakan untuk periode keberangkatan 8 November hingga 30 November 2020," ujar Vice President KAI Daop 9 Agus Barkah Nugraha, seperti dikutip dari Antara.

6 dari 6 halaman

Cek Syarat Pembagian Tiket Gratis di KAI Daop 9 Jember Jember

Program itu tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif, dan tata usaha. Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa kartu/surat keterangan, sedangkan untuk tenaga kesehatan, menyerahkan fotokopi surat izin praktik (SIP) yang masih berlaku.

"Terdapat dua kereta kelas eksekutif yaitu KA Ranggajati dan KA Wijayakusuma, serta satu kereta kelas ekonomi yakni KA Wijayakusuma," ujarnya.

Tiket kereta itu dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 hingga 30 November 2020 dengan menukarkan voucher tersebut dan jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas.

"Voucher dapat diambil di Customer Service di Stasiun Jember. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan dan kuota pengambilan voucher perhari terbatas untuk menciptakan physical distancing," katanya.

Voucher tiket kereta eksekutif dapat diambil mulai 7 hingga 29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 8 hingga 30 November 2020.

Adapun voucher tiket kereta ekonomi dapat diambil mulai 11 hingga 29 November 2020 untuk ditukarkan dengan tiket KA keberangkatan 12 hingga 30 November 2020.

"Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di Customer Service Stasiun Jember, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Stasiun Jember," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.