VIDEO: Grobyokan, Cara Warga Bojonegoro Buru Hama Tikus Sawah

VIDEO: Grobyokan, Cara Warga Bojonegoro Buru Hama Tikus Sawah

Warga Bojonegoro gotong-royong untuk memburu hama tikus, kegiatan yang dinamakan grobyokan tikus ini, antusias dilakukan warga, karena hama tikus ini sangat meresahkan.

Hama tikus di musim awal tanam ini, sering merusak bibit padi yang baru saja disemai, dalam semalam bibit padi bisa rusak. Cara tradisional ini dinilai warga efektif untuk mengatasi hama tikus. Petani berharap Dinas Pertanian memberikan solusi aman untuk mengendalikan dan memusnahkan hama tikus ini.

Aksi warga ini dikenal masyarakat sekitar dengan grobyokan tikus. Belasan bahkan bisa puluhan warga terutama petani, mencari lubang tikus di sekitar sawah.

Menggalinya lalu mengejar dan memukul tikus yang keluar hingga mati. Warga antusias dengan kegiatan ini, sebab hama tikus sangat meresahkan. Hama tikus di musim awal tanam ini, sering merusak bibit padi yang baru disemai.

Jika diserang tikus, dalam semalam dipastikan semua bibit rusak atau habis dimakan tikus. Cara tradisional yang relatif aman ini digunakan warga, untuk mengatasi hama tikus.

Petani sangat berharap, Dinas Pertanian memberikan solusi aman untuk bisa memusnahkan dan mengendalikan populasi tikus tersebut. Dengan demikian, tanaman padi mereka bisa aman dari serangan hama tikus yang sangat merusak. Demikian diberitakan pada Liputan6, 9 November 2020.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 November 2020, 22:46 WIB

Video Terkait

Spotlights