VIDEO: Hari Pahlawan, Khofifah Sebut Momen Bersatu Lawan Kemiskinan hingga COVID-19

VIDEO: Hari Pahlawan, Khofifah Sebut Momen Bersatu Lawan Kemiskinan hingga COVID-19

Hari Pahlawan 10 Nopember, di Jawa Timur, diperingati dengan sederhana tetapi khidmat. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim, Selasa tengah malam, menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan.

Selasa pagi dilanjutkan dengan upacara di halaman Museum Tugu Pahlawan Surabaya. Karena masa pandemi Covid-19, upacara hari pahlawan digelar secara sederhana.

Sebagai penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur, Selasa tengah malam, Gubernur Jawa Timur, bersama Forkopimda Jatim menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Sepuluh Nopember, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya.

Acara digelar dengan khidmat tepat pukul 00.00, dengan pemadaman lampu penerangan di sekitar makam pahlawan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan renungan suci oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan juga digelar Pemprov Jawa Timur, Selasa pagi di halaman Museum Tugu Pahlawan, Surabaya. Karena masa pandemi Covid-19, upacara digelar secara sederhana namun khidmat. Upacara hanya diikuti perwakilan instansi TNI, Polri, dan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam pidatonya mengatakan, makna Hari Pahlawan saat ini adalah bersatu melawan kemiskinan, kebodohan, dan membangun persaudaraan yang kuat dan melawan Covid-19. Berikut diberitakan pada Liputan6, (11/11/2020).

"Dulu perjuangan pahlawan kita adalah merebut dan mempertahankan kemerdekaan, setelah kemerdekaan kita peroleh, mengisinya dinamika-dinamika itu harus terus kita bangun dengan semangat pengorbanan perjuangan yang tidak boleh pernah berhenti, maka kita pun sesungguhnya bisa menjadi pahlawan, di lingkungan kita masing-masing, dengan berbagai pengorbanan, dedikasi dan perjuangan yang kita tunjukkan untuk bangsa dan negara tercinta," ungkap Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

Tema Hari Pahlawan kali ini adalah Pahlawanku Sepanjang Masa, yang artinya siapa pun harus bisa menjadi pahlawan bagi diri dan lingkungannya. Seperti para pahlawan kemanusiaan yang telah berjuang bersama-sama melawan COVID-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 November 2020, 19:57 WIB

Video Terkait

Spotlights