VIDEO: Ombak Setinggi 3 Meter Terjang Pantai Kenjeran Surabaya

VIDEO: Ombak Setinggi 3 Meter Terjang Pantai Kenjeran Surabaya

Setelah diterjang ombak besar akibat cuaca buruk, puluhan perahu nelayan yang tenggelam di laut kawasan Kenjeran-Surabaya, Jawa Timur dievakuasi ke daratan.

Kamis siang, nelayan dibantu petugas gabungan dari Pemerintah Kota Surabaya, melakukan perbaikan perahu yang rusak. Berikut dilansir pada Liputan6, 13 November 2020.

Warga dibantu petugas gabungan dari polisi, Basarnas, Satpol PP dan Linmas Kota Surabaya, mengevakuasi sekitar 50 perahu nelayan yang sempat tenggelam. Puluhan perahu nelayan ditepikan ke daratan untuk diperbaiki.

Akibat cuaca buruk dampak dari perubahan, dari musim kemarau ke musim hujan ini, ratusan nelayan di pesisir Nambangan Cumpat Kenjeran Surabaya terpaksa tidak melaut.

Mochammad Khodir, salah satu nelayan mengatakan, para nelayan tidak berani melaut menunggu cuaca normal. Mereka berharap ada bantuan dari pemerintah selama tidak melaut, karena mereka mengandalkan ekonomi keluarga dari melaut.

"Saat ini ya posisinya cuaca buruk, orang-orang prei semua, ndak nelayan, biasanya bulan-bulan begini anginnya barat, ndak tahu ini kok anginnya timur," kata Mochammad Khodir, Nelayan Kenjeran.

Sebelumnya, Kamis dini hari, cuaca buruk terjadi di Pesisir Kenjeran-Surabaya. Ombak besar dengan ketinggian mencapai hingga 3 meter, menuju pantai dan menghantam puluhan perahu nelayan yang ditambatkan.

Nelayan bahu membahu menyelamatkan perahu, agar tidak tenggelam terseret ombak ke laut. Cuaca buruk ini terjadi sejak sore hari, hingga Kamis dini hari. Selain menghantam perahu nelayan yang ditambatkan, posko pengamanan nelayan pun ambruk diterjang ombak.

Hingga Kamis siang, warga nelayan di utara Kota Surabaya ini memperbaiki perahu mereka, sebagian warga lainnya, berjaga di pinggir pantai, memantau kondisi cuaca. Jika cuaca mulai memburuk, mereka bisa antisipasi agar perahunya tidak kembali terseret ke laut.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 November 2020, 20:32 WIB

Video Terkait

Spotlights