Sukses

PLN Jatim Beri Sambungan Listrik Gratis bagi 600 Warga Tak Mampu

Program ini dimulai pada 16 Oktober 2020 dan telah menghimpun dana Rp 427.500.000 se-Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Induk Jawa Timur PT PLN (Persero) memberi sambungan listrik gratis untuk 600 warga yang tidak mampu di tiga daerah, yaitu Sumenep, Probolinggo dan Pacitan, karena rendahnya rasio elektrifikasi di wilayah setempat.

General Manager PLN UID Jawa Timur Nyoman S Astawa mengatakan, penggratisan ratusan warga itu adalah hasil dari acara PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020, sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional ke-75, Selasa, 17 November 2020.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk turut membantu warga yang hingga kini belum dapat menikmati listrik dengan program berlari dan bersepeda," ujar dia, dilansir dari Antara.

Program ini dimulai pada 16 Oktober 2020 dan telah menghimpun dana Rp427.500.000 se-Jawa Timur, yang merupakan konversi dari hasil jarak lari maupun bersepeda yang telah diselesaikan oleh peserta PLN VCRR.

Nyoman menjelaskan tiga daerah yang disumbang program penggratisan memiliki rasio elektrifikasi masing-masing Sumenep 69,90 persen, Probolinggo 85,51 persen, dan Pacitan 94,83 persen.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Kreatif

Nyoman melanjutkan, Pacitan dengan luas wilayah 138.987 hektare dengan 85 persen berupa perbukitan, yakni sekitar 300 lebih gunung-gunung kecil yang tersebar di seluruh wilayah, memiliki 141.541 pelanggan.

Di wilayah itu, kata dia, PLN mengembangkan program electrifying agriculture dengan melistriki pelanggan tambak, kandang ayam, dan pompa.

Selain itu, PLN juga memberdayakan masyarakat di Pacitan dengan membangun Rumah Kreatif BUMN serta beragam program lain berbasis lingkungan, seperti penanaman pohon, penghijauan dan lainnya.

"Setiap penerima bantuan akan memperoleh sambungan listrik gratis termasuk sertifikat laik operasi (SLO) dan instalasi listrik di dalam rumah," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.