Sukses

Kasus COVID-19 Terkendali, Risma Minta OPD Operasi Protokol Kesehatan

Pandemi COVID-19 di Surabaya perlahan mulai bisa dikendalikan. Kasus aktif COVID-19 di Kota Surabaya tinggal 49 orang per 16 November 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Meski kasus COVID-19 di Kota Surabaya mulai terkendali Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Surabaya menggelar operasi protokol kesehatan.

"Jadi, berdasarkan arahan Ibu Wali Kota, mulai hari ini kami di seluruh OPD bergerak menggelar operasi protokol kesehatan sesuai tupoksinya masing-masing. Ini untuk antisipasi second wave (gelombang kedua) COVID-19," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Irvan Widyanto, di Surabaya, Selasa, 17 November 2020.

Menurut Irvan, pandemi COVID-19 di Surabaya perlahan mulai bisa dikendalikan. Terbukti, kasus aktif COVID-19 di Kota Surabaya tinggal 49 orang per 16 November 2020. Bahkan pertambahan kasus juga semakin sedikit, sedangkan angka kesembuhannya terus meningkat, dilansir dari Antara.

Meskipun sudah bisa mengendalikan COVID-19, kata dia, Wali Kota Surabaya tidak ingin warganya teledor dan abai terhadap protokol kesehatan sehingga meminta seluruh OPD di lingkungan Pemkot Surabaya untuk menggelar operasi protokol kesehatan di bidangnya masing-masing.

Irvan mencontohkan seperti Dinas Perdagangan menggelar operasi ini di toko swalayan dan pusat perbelanjaan.

Untuk di pusat perbelanjaan, kata dia, mereka menyasar Plaza Jembatan Merah, ITC dan PGS, sedangkan di toko swalayan mereka menyasar toko modern di Jalan Kebalen Timur, toko modern di Jalan Raya Dupak dan toko modern di Jalan Tembaan serta beberapa toko swalayan lainnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi di 23 Pasar

Sedangkan Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah bersama PD Pasar Surya menggelar operasi protokol kesehatan di 23 pasar yang ada di Kota Surabaya. Mereka sosialisasi dan memastikan protokol kesehatan di setiap pasar itu terus dilakukan dengan ketat.

"Teman-teman OPD lain juga terus turun menggelar operasi protokol kesehatan ini. Kami bersama-sama turun," ujarnya.

Pada intinya, lanjut dia, operasi kali ini untuk mengecek kembali protokol kesehatan yang ada di setiap fasilitas publik itu. Tentunya, kata dia, semua pihak tidak mau di Kota Surabaya ini ada gelombang kedua penyebaran COVID-19.

"Kita semua tidak ingin ada lonjakan gelombang kedua COVID-19, makanya kita harus mempertahankan keberhasilan mengendalikan COVID-19 ini dengan tetap menjaga prokol kesehatan," katanya.

Bahkan, ia juga meminta semua pihak, terutama warga Kota Surabaya untuk tidak kendor menjaga dan mentaati protokol kesehatan yang sudah dilakukan sejak awal pandemi.

"Tidak boleh kendor dalam menjaga protokol kesehatan. Menurut kami, vaksin terbaik adalah perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, In syaa Allah COVID-19 di Surabaya akan segera selesai," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.