Sukses

Fakta Video Viral Tukar Mobil Avanza dengan 4 Tanaman Hias di Kediri

Video viral di instagram seorang pria menukar tanaman hias dengan mobil Avanza di Kediri, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Video viral di media sosial berdurasi 15 detik yang memperlihatkan transaksi barter atau jual beli tanaman hias ditukar dengan mobil Toyota Avanza yang diduga berlokasi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menghebohkan jagat maya. 

Dalam video viral di instagram @medsoskediri tersebut terlihat seorang pria berkaus putih bersalaman dengan pria berkaus hitam.

Pria berkaus putih berdiri di depan sebuah mobil Toyota Avanza. Sementara pria berkaus hitam bersalaman sambil tangan kirinya memegang pot dengan tanaman hias.

Setelah ditelusuri, pria berkaos hitam tersebut diketahui bernama Iqbal Akbar Muhammad, warga Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

 

 

Iqbal mengaku video viral yang direkam oleh sang kakak yang bernama Ilham Akbar Soleh, memang benar ada. Namun, Iqbal menyayangkan karena kesan di dalam video tersebut adalah dirinya yang mendapatkan mobil. 

"Realitanya, itu adalah mobil saya yang ditukar dengan tanaman. Jadi yang punya mobil itu saya dan saya tukarkan tanaman ke teman saya, yang nama panggilannya adalah Mas Nonek," ujar Iqbal kepada Liputan6.com, melalui telepon seluler, ditulis Rabu (18/11/2020). 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu Mobil Avanza Ditukar dengan Empat Tanaman Hias

Iqbal mengatakan, satu unit mobil miliknya itu ditukar dengan empat tanaman hias. Tiga jenis tanaman philodendron yaitu florida beauty, strawberry shake variegata, dan caramel marble variegata serta satu Caladium. 

"Saya memang suka dengan tanaman jenis philodendron. Dan awalnya, Mas Nonek tidak mau menjual tanaman tersebut," ucapnya. 

Sebelum terjadi barter tersebut, lanjut Iqbal, dirinya sudah menawarkan uang tunai senilai Rp 105 juta untuk membeli empat tanaman tersebut.

Namun, sang pemilik tanaman hias tidak mau menerima uang tunai, Nonek hanya berangan-angan ingin mempunyai sebuah mobil. 

"Kebetulan saya punya mobil Avanza yang nilai jualnya sekitar Rp 105 juta, akhirnya kami sepakat menukar empat tanaman dengan satu unit mobil itu," ujar Iqbal. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.