Sukses

10 Makanan Khas Tulungagung, Punya Ragam Cita Rasa

Tulungagung punya kuliner khas yang lezat.

Liputan6.com, Jakarta Tulungagung merupakan sebuah kabupaten yang ada di Jawa Timur. Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia. Kabupaten ini juga punya beragam destinasi wisata yang menarik.

Sebut saja jajaran pantai selatan yang indah, wisata pegunungan dan air terjun, serta wisata sejarah seperti candi. Selain tempat wisata, Tulungagung juga punya makanan khas yang tak boleh dilewatkan.

Makanan khas Tulungagung begitu istimewa dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Beberapa makanan khas Tulungagung juga sudah terkenal dan diburup para pencinta kuliner. Jika kamu mampir ke kota marmer ini, makanan khas Tulungagung wajib dicicipi.

Berikut makanan khas Tulungagung yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(18/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan khas Tulungagung

Ayam lodho

Ayam Lodho merupakan hidangan ayam khas Tulungagung yang sangat terkenal. Kuliner ayam yang banyak ditemukan di daerah Tulungagung dan Trenggalek ini punya cita rasa yang begitu khas. Ayam lodho merupakan olahan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas.

Tekstur ayam lodho sangat empuk dan lembut. Ayam lodho memiliki cita rasa pedas mengggit berkat rempah dan cabainya. Bumbu yang meresap ke daging ditambah gurihnya santan makin menambah kelezatan kuliner satu ini.

Sego Bantingan

Sego bantingan merupakan nasi bungkus yang dijual secara murah meriah, dengan lauk sederhana. Dinamakan bantingan karena nasi bungkus ini hanya seukuran kepalan tangan seolah-olah dapat dengan mudah dibanting.

Nasi ini biasanya berisi lauk sayur, mi, tahu, dan potongan telur. Namun, sego bantingan juga tersedia dalam beragam variasi lauk yang bisa dipilih. Sego Bantingan juga bisa didapatkan dengan mudah di warung atau angkringan di sepanjang jalan Tulungagung.

3 dari 6 halaman

Makanan khas Tulungagung

Pecel punten

Pecel punten terbuat dari punten yang merupakan nasi ketan yang ditumbuk halus dakn diberi santan. Punten kemudian dipotong dan disajikan bersama sayuran dan bumbu kacang pedas.

Sayuran pada pecel ini biasanya berisi kacang panjang, daun singkong, bayam, mentimun, kembang turi, kecambah, kangkung serta kemangi yang disiram dengan sambal pecel. Pecel punten merupakan makanan favorit warga Tulungagung dan diburu para wisatawan.

Sompil

Sompil terdiri dari irisan lontong dan sayur rebung. Sompil juga bisa disajikan dengan sayur bersantan lainnya. Kombinasikan dengan sayur kacang, tahu, dan sayur nangka. Ditambah urapan pedas dan bumbu kedelai.

4 dari 6 halaman

Makanan khas Tulungagung

Sate dan gulai kambing khas Tulungagung

Sate Kambing Tulungagung memiliki cita rasa gurih dan lezat. Apalagi saat dibakar sate dicelupkan ke kuah gulai. Setelahnya ditambah bumbu Petis dan kecap manis. Terasa khas sajian kuliner Tulungagung.

Paduan daging kambingnya diolah dengan campuran bumbu rempah. Paduannya saat disantap dengan sepiring nasi hangat benar-benar menggugah selera.

Kepiting sambal ijo

Kepiting sambal ijo dimasak dengan bumbu rahasia yang rasanya sangat lezat dan gurih. Salah satu masakan khas Tulungagung ini tentunya dapat menggoyang lidah para penikmatnya.

5 dari 6 halaman

Makanan khas Tulungagung

Jenang syabun

Jenang syabun merupakan makanan khas Tulungagung yang biasanya dijadikan oleh-oleh. Jenang syabun terbuat dari beras ketan, kelapa, gula pasir dan susu kental manis. Jenang syabun memiliki rasa yang manis dan legit.

Biasanya satu kotak jenang syabun berisi 16 jenang. Karena terbuat dari bahan alami tanpa pengawet, jenang ini hanya bertahan empat hari saja. Jenang ini bisa ditemukan di berbagai gerai khusus oleh-oleh hingga pasar-pasar tradisional.

Jenang Grendol

Jenang Grendol terbuat dari tepung kanji, biasanya disajikan bersama dengan Jenang Baning yang terbuat dari tepung beras serta Jenang Ketan dari bubur ketan hitam. Secara terpisah Jenang Grendol disajikan dengan kuah santan karena karakter jenang itu sendiri yang sudah manis namun apabila dicampur akan diberikan kuah gula jawa/gula aren yang umum disebut Juruh.

6 dari 6 halaman

Makanan khas Tulungagung

Sredek

Sredek terbuat dari gethuk singkong, kemudian digoreng. Sredek merupakan camilan favorit di Tulungagung. Biasanya sredek disantap bersama cabai merah dan sesapan teh hangat.

Capar tape

Capar tape terbuat dari tape singkong dan disiram sayur pecel. Capar tape biasanya juga dilengkapi dengan mentimun dan kecambah rebus. Capar tape memiliki rasa asam manis dari tape yang dipadukan dengan bumbu kacang pedas manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini