VIDEO: Tebing di Gunung Godongan Pacitan Longsor Timbun 2 Rumah

VIDEO: Tebing di Gunung Godongan Pacitan Longsor Timbun 2 Rumah

Tebing di lereng Gunung Godongan, di Pacitan, Jawa Timur, longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsor menimbun rumah, dan truk, serta merusak dua rumah lainnya.

Tanah longsor yang terjadi di Dusun Ngelo, Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Minggu sore, terekam kamera ponsel warga. Tebing di lereng Gunung Godongan, setinggi kurang lebih 20 meter, longsor setelah hujan cukup lama.

Akibatnya rumah milik Suranto, rata dengan tanah tertimbun material longsor. Semua harta benda rusak dan sebagian hilang terseret material longsor berupa lumpur bercampur batu.

Selain harta benda di dalam rumah, truk engkel miliknya juga hanyut terbawa material longsor. Pagi harinya, truk ditemukan sekitar 200 meter dari lokasi semula.

Longsor yang terjadi pada Minggu sore, diduga karena di wilayah tersebut diguyur hujan lebat. Meski menimbulkan kerugian material, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Kemudian terjadi tanah longsor di RT01/RW04, Dusun Ngelo yang akhirnya mengenai dua rumah, yang satu rumah miliknya Pak Suranto, semuanya longsor, kemudian harta bendanya terbawa, termasuk satu mobil engkel dan satu sepeda motor dan kemudian harta benda yang di dalam juga sudah habis," ujar Nugroho Eka Prabowo, Kepala Desa Gembuk.

Hingga Senin pagi, warga belum berani mendekat ke lokasi longsor, karena tanah masih labil. Mereka menunggu alat berat dari pemerintah setempat untuk mengevakuasi material longsor. Demikian pemberitaannya pada Liputan6, 17 November 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 November 2020, 15:46 WIB

Video Terkait

Spotlights