Sukses

Intip Kesiapan BPBD Kota Kediri Hadapi Potensi Angin Puting Beliung

BPBD sudah mengadakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi melibatkan berbagai pihak baik dari TNI/Polri, PMI, dan relawan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Jawa Timur mewaspadai ancaman angin puting beliung selalu menghantui Kota Kediri setiap tahun.

"Setiap tahun selalu dihantui angin puting beliung. Tahun lalu dua korban meninggal dunia di Sumber Jiput (wisata Sumber Jiput, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri) karena tertimpa pohon tumbang, tahun sebelumnya satu meninggal dunia. Ini yang perlu diwaspadai," kata Kepala BPBD Kota Kediri Syamsul Bahri di Kediri, Rabu, 18 November 2020.

Ia mengatakan potensi bencana memang perlu diwaspadai. Untuk itu, kesiapsiagaan dari semua pihak juga sangat diperlukan.

"Jadi, ini yang perlu diwaspadai. Walaupun relatif aman, bencana tidak bilang-bilang, selalu ada kemungkinan terjadi, makanya ini perlu kesiapsiagaan bencana," kata dia, dilansir dari Antara.

Ancaman bencana yang disebabkan cuaca lainnya, lanjut dia, adalah banjir. Namun, di Kediri lebih bersifat genangan. Air menggenang saat hujan deras turun. Baru sekitar 3-6 jam genangan itu surut. Hal ini terjadi, karena drainase di Kota Kediri sudah jauh lebih bagus.

Selain itu, ia mengatakan ancaman tanah longsor juga berpotensi terjadi di sekitar Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, karena berbatasan dengan pegunungan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Antisipatif

Pihaknya juga sudah memberikan surat ke Dinas Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri agar secepatnya melakukan pemangkasan dahan pohon untuk mengantisipasi pohon tumbang, sehingga mencegah terjadinya bencana.

"Kami sudah surati DLHKP. Kami hanya bisa memberikan masukan untuk potensi pohon yang tumbang yang bisa menimbulkan korban dan kami berikan saran untuk memangkas pohon yang rawan tumbang, yang kondisi akarnya tidak kuat," kata dia.

Untuk titik, Syamsul mengatakan tersebar di sejumlah titik wilayah Kota Kediri misalnya Kelurahan Ngronggo, Kelurahan Burengan dan sejumlah lokasi lainnya.

Pihaknya juga sudah mengadakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana hidrometeorologi. Apel itu melibatkan berbagai pihak baik dari TNI/Polri, PMI, relawan dan berbagai pihak lainnya.

Ia berharap dengan apel kesiapsiagaan tersebut nantinya seluruh pihak akan siaga jika terjadi bencana alam. Sinergisitas juga diperlukan dalam menanggulangi bencana alam tersebut.

"Sinergisitas yang kami bangun selama ini tentunya menjadi lebih baik, sehingga setiap ada kejadian bisa respon dengan cepat," kata Syamsul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.