Sukses

Pengakuan Warga di Kediri Mau Tukar Mobil Avanza dengan Empat Tanaman Hias

Warga Kediri Iqbal Akbar Muhammad mengungkapkan alasan menukarkan satu unit mobil miliknya dengan empat tanaman hias.

Liputan6.com, Surabaya - Warga Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri,  Jawa Timur, Iqbal Akbar Muhammad mengungkapkan alasan menukarkan satu unit mobil miliknya dengan empat tanaman hias milik temannya yang akrab disapa Mas Nonek.

Iqbal menjelaskan, empat tanaman hias yang tiga di antaranya adalah jenis philodendron yaitu florida beauty, strawberry shake variegata, dan caramel marble variegata serta satu Caladium itu. Ia menuturkan, di dunia tanaman hias ada yang harganya lebih mahal dari menukarkan mobil.

"Banyak banget harga tanaman hias yang harganya lebih mahal. Namun, kebetulan yang saya cari itu taste nya sama ukuran dan konsisten warnanya," ujar Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon seluler, ditulis Kamis (19/11/2020).

Iqbal mengaku, sebelumnya juga punya tanaman hias sejenis itu, tapi ukuran kecil-kecil dan berbeda dengan tanaman milik Mas Nonek. "Makanya saya itu lebih senang dan lebih puas dengan tanaman hias miliki Mas Nonek karena ukurannya lebih besar," ucapnya.

Untuk kelangkaan tanaman hias jenis tersebut, lanjut Iqbal, di seluruh penjuru Indonesia tanaman itu ada. Harga bervariasi bahkan ada lebih mahal.

"Namun, kebetulan saja rumah saya dekat dengan rumah Mas Nonek yang masih satu daerah di Kediri. Makanya lebih efisien waktu untuk transaksi tukar menukar itu," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Menukar Tanaman dengan Mobil

Iqbal mengatakan, berdasarkan jurnal yang dia baca, spesifik daerah asal tanaman hias tersebut ada yang berasal dari Ekuador dan Peru. "Kelainan genetik pada tanaman tersebut yang kebanyakan diketahui orang-orang adalah yang jenis atau warna hijau saja," ucapnya.

Iqbal menegaskan, empat tanaman yang dibarter dengan mobil miliknya itu termasuk kategori Variegata atau kelainan genetik yang menimbulkan warna yang tidak bisa ditebak.

"Yang membuat harganya mahal itu ya di situ. Dan kebetulan saya suka. Karena saya juga petani tanaman hias. Tanaman hias jenis itu yang ukurannya kecil saja sudah berharga apalagi yang sudah tumbuh besar seperti itu," ujarnya.

Karena ukuran tanaman itu besar, lanjut Iqbal, dia juga punya mobil akhirnya terjadi lah prosesi tukar menukar itu. Transaksi barter tanaman dengan mobil itu tidak ada paksaan dan sama-sama menerima serta mau sama mau.

"Orang mana yang tidak mau mendapatkan mobil hasil tukar menukar dengan tanaman. Apalagi tanaman cuma empat saja," ujarnya.

Iqbal yang juga berprofesi wirausaha jual beli tanaman hias ini mengaku kalau tanaman yang dia beli dari Mas Nonek, jika dijual kembali kepada orang lain maka harganya juga akan lebih mahal.

"Tapi tanaman yang ukuran besar ini bakal saya jadikan sebagai masterpiece nya. Karena warnanya konsisten bagus. Ya lumayan menyenangkan buat saya," tutur dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

3 dari 3 halaman

Fakta Video Viral Tukar Mobil Avanza dengan 4 Tanaman Hias di Kediri

Sebelumnya, video viral di media sosial berdurasi 15 detik yang memperlihatkan transaksi barter atau jual beli tanaman hias ditukar dengan mobil Toyota Avanza yang diduga berlokasi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menghebohkan jagat maya. 

Dalam video viral di instagram @medsoskediri tersebut terlihat seorang pria berkaus putih bersalaman dengan pria berkaus hitam.

Pria berkaus putih berdiri di depan sebuah mobil Toyota Avanza. Sementara pria berkaus hitam bersalaman sambil tangan kirinya memegang pot dengan tanaman hias.

Setelah ditelusuri, pria berkaos hitam tersebut diketahui bernama Iqbal Akbar Muhammad, warga Desa Doko, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

Iqbal mengaku video viral yang direkam oleh sang kakak yang bernama Ilham Akbar Soleh, memang benar ada. Namun, Iqbal menyayangkan karena kesan di dalam video tersebut adalah dirinya yang mendapatkan mobil. 

"Realitanya, itu adalah mobil saya yang ditukar dengan tanaman. Jadi yang punya mobil itu saya dan saya tukarkan tanaman ke teman saya, yang nama panggilannya adalah Mas Nonek," ujar Iqbal kepada Liputan6.com, melalui telepon seluler, ditulis Rabu, 18 November 2020.

Iqbal mengatakan, satu unit mobil miliknya itu ditukar dengan empat tanaman hias. Tiga jenis tanaman philodendron yaitu florida beauty, strawberry shake variegata, dan caramel marble variegata serta satu Caladium. 

"Saya memang suka dengan tanaman jenis philodendron. Dan awalnya, Mas Nonek tidak mau menjual tanaman tersebut," ucapnya. 

Sebelum terjadi transaksi barter tersebut, lanjut Iqbal, dirinya sudah menawarkan uang tunai senilai Rp 105 juta untuk membeli empat tanaman tersebut.

Namun, sang pemilik tanaman hias tidak mau menerima uang tunai, Nonek hanya berangan-angan ingin mempunyai sebuah mobil. 

"Kebetulan saya punya mobil Avanza yang nilai jualnya sekitar Rp 105 juta, akhirnya kami sepakat menukar empat tanaman dengan satu unit mobil itu," ujar Iqbal. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.