Sukses

Cara Ikatan Alumni ITS Dorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan di RI

Rektor ITS Mochamad Ashari menuturkan, inovasi merupakan salah satu tugas besar bagi perguruan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP-IKA) ITS menggandeng Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) menggelar innovation challenge dan business summit 2020 bertajuk technology for prosperity yang dimulai Oktober-November 2020.

Innovation Challenge merupakan kompetisi inovasi nasional bagi semua pelaku start up pemula di Indonesia. Acara yang kali pertama diadakan oleh IKA ITS ini bertujuan mendorong pertumbuhan start up atau perusahaan rintisan agar mampu bersaing dan mendapatkan calon investor yang dapat membantu dari segi pendanaan. Kegiatan ini menyasar sektor teknologi dan kreatif.

Ketua Umum PP IKA ITS, Sutopo Kristanto menuturkan, innovation challenge termasuk bentuk dukungan ikatan alumni terhadap cita-cita ITS.

Alasannya potensi dan talenta anak bangsa di sektor teknologi dan kreatif sangat besar. Demikian juga motivasi masyarakat untuk membangun usaha mandiri melalui usaha rintisan dan mengembangkan usaha tersebut juga besar.

"Karena acara ini diadakan untuk mendorong adanya pemrakarsaan bisnis sekaligus mendukung kemajuan dunia entrepreneurship berbasis ilmu dan teknologi di Indonesia,” tutur dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, (20/11/2020).

Sementara itu, Rektor ITS Mochamad Ashari menuturkan, inovasi merupakan salah satu tugas besar bagi perguruan tinggi. 

"Kami senang, adanya kompetisi ini menunjukkan bahwa alumni ITS peduli dengan inovasi. Dan kami juga mendukung upaya IKA ITS dalam menemukan talenta-talenta yang memiliki semangat juang tinggi, dalam merintis usahanya,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kemajuan Inovasi

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun kemajuan inovasi secara nasional, meningkatkan produk buatan Indonesia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan kerja inovatif dan dapat berkiprah di internasional.

Pendaftaran innovation challenge dibuka pada 19 Oktober 2020 dan ditutup pada 30 Oktober 2020. Animo peserta membludak mencapai 364 start up. Jumlah tersebut melebihi target awal yang ditentukan panitia.

Dari hasil penjurian semifinal terpilih 20 tim untuk maju ke tahap final. 10 tim dari kategori prototype adalah PLCD, Lakone, Rexic, AlinaMed, Qalifa, SI-Krisna, Braja Elektrik Motor, Dancing Piazza, Dicila, dan Tridiku 3D. Sedangkan 10 tim dari kategori ideation adalah Carigi, InvestBee, Siantri, its Pottery, DigiPond, Promyo, SayurLove, MDPL Farm, Teeny, UENAO. Pada Kamis,19 November 2020, setiap tim pun berkesempatan mempresentasikan bisnisnya kepada tim juri yang berasal dari kalangan bisnis.

Adapun kegiatan puncak digelar pada 21 November 2020 yang merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan menyambut perayaan Dies Natalis ITS. Business summit 2020 diharapkan menjadi sarana bertemunya para pelaku bisnis pemula dan para investor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.