Sukses

VIDEO: Jalan Penghubung Antar Kecamatan Ambles, BPBD Lumajang Pasang Sekat Pengaman

Liputan6.com, Jakarta - Akibat intensitas hujan tinggi, jalur penghubung antar kecamatan di Lumajang, Jawa Timur, ambles, sejak sepekan ini.

Hal ini membuat aktivitas warga terganggu, karena jalur hanya bisa dilalui dengan sistem buka tutup. Pihak BPBD setempat sementara masih memasang sekat pembatas, sebagai pengaman.

Separuh badan jalan sepanjang 12 meter di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, ambles. Jalan hanya bisa dilalui dengan sistem buka tutup, karena antisipasi ambles susulan.

Jalan tersebut merupakan penghubung antar kecamatan yakni, Desa Kedawung, Kecamatan Padang, dengan Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. 

Kejadian jalan ambles terjadi pada Kamis lalu, ketika terjadi hujan intensitas tinggi di kawasan tersebut. Gorong-gorong di pinggir jalan tak mampu menahan debit air, membuat tanah bahu jalan labil, hingga ambles sepanjang 12 meter.

Pengendara jalan, kini hanya bisa memanfaatkan separuh badan jalan, dan berharap pemerintah segera memperbaiki jalan ambles, karena mengganggu aktivitas warga.

"Yang rusak bahu jalannya, kalau kita bicara luas ada 12x3 meter, sekarang sudah ditangani darurat dari pihak OPD terkait, kita kolaborasi dengan kecamatan, sudah ada sak-sak yang sudah kita pasang, untuk antisipasi awal biar tidak ada longsor susulan," ujar Setiyawan, Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, seperti dikutip dari tayanyan Liputan6, 23 November 2020.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, sementara memasang sekat darurat untuk pengaman.