Sukses

Sejumlah Wilayah Jawa Timur Berpotensi Hujan Deras dan Angin Kencang

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menuturkan, sejumlah wilayah di Jawa Timur akan alami angin kencang dan hujan deras beberapa hari ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi sebagian besar wilayah Jawa Timur bakal terjadi angin kencang disertai hujan deras. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menuturkan, sejumlah wilayah di Jawa Timur akan alami angin kencang dan hujan deras beberapa hari ke depan.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Nganjuk, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep," ujar dia di Sidoarjo, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 24 November 2020.

Ia menuturkan, hujan disertai angin kencang tidak hanya berpotensi terjadi pada sore hari, melainkan malam hari di sejumlah wilayah Jawa Timur.

"Untuk suhu udara berkisar antara 14 sampai dengan 35 derajat celsius dengan tingkat kelembaban udara berkisar antara 55 sampai 100 persen. Selain itu, angin masih didominasi dari arah timur ke timur laut dengan kecepatan 5 sampai dengan 30 kilometer per jam," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Cuaca Maritim di Perairan Jawa Timur

BMKG juga merilis prakiraan kondisi cuaca maritim perairan Jawa Timur yakni di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kecepatan angin maksimum di laut Jawa bagian timur 19 knots (35 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara l,2 - 1,3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0,2 - 1,5 meter, sedangkan di Hindia selatan Jatim antara 1 - 2,5 m. Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 m di Samudera Hindia selatan Jatim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.