Sukses

Khofifah: Selamat Hari Guru Nasional 2020, Tetap Jadi Inspirasi Masa Depan bagi Generasi Penerus

Pada momen Hari Guru Nasional 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih untuk para guru di seluruh penjuru negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Pada 2020, Hari Guru Nasional diselenggarakan dengan tema resmi “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”.

Pada momen Hari Guru Nasional 2020, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih untuk para guru di seluruh penjuru negeri.

Ia menyampaikan hal itu lewat akun instagramnya @khofifah.ip. Lewat akun instagram resminya, Khofifah mengunggah foto sejumlah guru dan murid yang berjuang menuju sekolah dengan menggunakan rakit kayu.

"Guru bukanlah orang super hebat. Tetapi tidak ada orang super dan hebat tanpa guru. Terima kasih untuk para guru di seluruh penjuru negeri,”tulis dia seperti dikutip Rabu, (25/11/2020).

Khofifah mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2020. Ia mendorong guru tetap menjadi inspirasi bagi generasi muda. "Selamat Hari Guru Nasional 2020. Tetaplah menjadi inspirasi masa depan bagi seluruh generasi penerus bangsa,” kata dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penetapan Hari Guru Nasional

Penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional ada kaitannya dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

PGRI didirikan pada Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama dan suku, sepakat dihapuskan. 

Mereka yang hadir adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Di dalam kongres inilah, pada 25 November 1945 tepatnya seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, PGRI didirikan. Demikian mengutip berbagai sumber, Senin, 23 November 2020.

Sebagai bentuk penghormatan kepada jasa guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang juga diperingati setiap tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.