Sukses

PGN Padamkan Kebakaran Pipa Gas di Mojokerto

Liputan6.com, Surabaya - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Area Probolinggo, segera melakukan penanganan begitu mendapatkan informasi kebocoran pipa gas.

Pada pukul 16.50 WIB, contact center PGN 1500645 mendapatkan laporan terdapat semburan api, di Jalan Raya Surodinawan Nomor 29, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto, Jawa Timur Rabu, (25/11/2020). 

Tim Penanggulangan Gangguan dari PT PGN (TPG) langsung menuju ke lokasi dan melakukan penanganan sesuai Standar Operating Procedure (SOP). Sampai di lokasi, TPG segera memadamkan api dengan menggunakan APAR. Kemudian mengantisipasi dengan pemasangan squezz off.

"Memang benar terjadi kebocoran pipa gas, sehingga menyebabkan semburan api pada jaringan pipa gas PE 20 mm di depan rumah pelanggan,” ujar SVP Sales Operation Region III PGN, Iwan Yuli W.

Sekitar pukul 18.40 WIB, lanjutnya, TPG sudah menginformasikan api sudah padam. Perbaikan dilakukan malam ini. Nanti akan dilakukan pemotongan pipa gas, lalu penyambungan electrofusion dua buah coupler 20 mm. 

 "Untuk proses perbaikan sudah selesai pukul 21.20 WIB dan gas bumi sudah mengalir kembali ke pelanggan,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, TPG juga memastikan jaringan pipa dan fasilitas gas bumi PGN yang berada di sekitar lokasi aman dan tidak terkena risiko dari kebakaran.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Masih Investigasi Penyebab Kebakaran

Berdasarkan informasi dan temuan di lapangan, diketahui terdapat aktivitas membakar sampah, yang di bawahnya terdapat infrastruktur gas PGN yaitu saluran pipa gas PE 20 mm. Hal itu menyebabkan pipa gas meleleh di atas titik lelehnya. Kemudian membuat pipa bocor dan memantik kebakaran. 

Iwan melanjutkan, terkait dengan penyebab pasti kebakaran, TPG juga masih investigasi dan penanganan bekerjasama dengan stakeholder terkait. Namun, sebagai upaya pengamanan dan safety, petugas TPG telah menjalankan SOP.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas insiden ini, termasuk kepada pelanggan PGN yang terkena dampak dalam insiden tersebut. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sikap tanggap dari masyarakat sekitar lokasi kejadian yang langsung mengabarkan kepada petugas PGN, sehingga insiden ini dapat segera diatasi,” ujar Iwan.

Terkait kejadian emergency dan kejadian yang berpotensi untuk terjadinya insiden di jaringan gas bumi, untuk dapat segera menghubungi contact center PGN di 1500645.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini