Sukses

Belasan Napi Lapas Blitar Positif Covid-19, Ini Penyebab Utamanya

Sebanyak 15 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar terkonfirmasi positif Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya- Sebanyak 15 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, Dinas Kesehatan Kota Blitar sedang melakukan penelusuran terhadap pegawai dan napi Lapas Blitar lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Muhammad Muchlis, temuan kasus positif Covid-19 di kalangan napi Lapas Blitar bermula saat salah seorang napi mengeluh soal indera penciumannya yang mulai tidak berfungsi.

“Kemudian napi itu menjalani uji seka dan PCR yang hasilnya positif Covid-19,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (27/11/2020).

Setelah itu, Dinas Kesehatan Kota Blitar kembali melakukan penelusuran dan tes PCR. Hasilnya, ada belasan dari 33 orang yang diperiksa PCR terkonfirmasi positif Covid-19.

Para napi yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu pun menalani isolasi di ruangan khusus Lapas Blitar. Selain itu, ada 60 orang lainnya yang mengikuti tes PCR dan masih menunggu hasil uji laboratorium.

“Hari ini kami juga lakukan 3T (tracing, testing, dan treatment) untuk petugas lapas sejumlah 85 orang. Ini masih proses," ucapnya.

Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar Bambang Setiawan membenarkan jika terdapat 15 napi yang positif Covid-19 berdasarkan hasil uji seka. Ia juga sudah berkoordinasi berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar untuk melakukan tracing supaya kasus tidak meluas.

Menurut Bambang, di dalam Lapas Blitar sulit menerapkan jaga jarak sebagai bentuk protokol kesehatan Covid-19 karena penghuni dan daya tamping tidak sebanding. Kapasitas Lapas Blitar hanya 185 orang, sedangkan jumlah penghuni mencapi 455 orang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.