Sukses

Strategi Kapolda Jatim Mengamankan Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Surabaya- Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengumpulkan dua kapolres untuk membahas pengamanan Pilkada Serentak 2020 dan penanganan Covid-19, Kamis (26/11/2020). Kapolda Jatim mengundang Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Eddison Isir dan Kapolres Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum di Mapolrestabes Surabaya.

Menurut Kapolda Jatim, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 19 kota dan kabupaten di Jatim sehingga perlu pemetaan wilayah , meliputi tingkat kerawanan konflik dan kerawanan lainnya saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Selama ini tahapan Pilkada di Jatim terpantau lancar, aman, dan kondusif,” ujar Kapolda Jatim, seperti yang dikutip dari Antara.

Meskipun demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polda Jatim tetap menyiagakan personel di Kantor Bawaslu, KPU, maupun tempat pemungutan suara.

Polda Jatim akan menerjunkan 15.840 personel gabungan dengan polres jajaran, sedangkan dari personel TNI akan diterjunkan sebanyak 5.445 orang. Sementara personel Satpol-PP sebanyak 1.991 orang dan Linmas 119.231 orang.

Kapolda mengungkapkan pilkada kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, semua pihak harus tetap menaati protokol kesehatan agar tidak muncul klaster pilkada yang akan menimbulkan persoalan baru.

“Kami juga akan siapkan dukungan sarana prasarana seperti alat pelindung diri (APD), ambulans, tenaga medis, dan sebagainya,” kata Kapolda Jatim.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: