Sukses

7 Hal yang Jarang Diketahui soal Wali Kota Surabaya Risma

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) merayakan ulang tahun ke-59 pada 20 November 2020. Peringatan ulang tahun Risma pada 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya seiring pandemi COVID-19 yang terjadi.

Meski demikian, Wali Kota Surabaya Risma mendapatkan banjir ucapan selamat ulang tahun di media sosial. Selain itu, ia juga mendapatkan kejutan dari keluarga besarnya.

Ia mendapatkan kue dan ucapan selamat dari suami, dua anak dan menantu, serta dua cucunya. Presiden UCLG ASPAC itu pun kaget karena dia tidak ingat kalau hari ini adalah hari ulang tahunnya.

"Terus terang saya lupa kalau hari ini ulang tahun saya. Soalnya tadi pagi-pagi banget saya ke Banyuurip dulu baru ke sini. Tiba di sini saya heran kok ada kue-kue, dan tadi juga dapat ucapan selamat ulang tahun dari suami saya,” kata Risma di rumah dinasnya, pada Jumat, 20 November 2020.

Pada momen perayaan ulang tahun tersebut, Risma juga meminta maaf, ada kesalahan yang disengaja dan tidak selama memimpin Surabaya. Ia juga berterima kasih selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

"Saya terimakasih banyak, karena ini mungkin ulang tahun terakhir saya sebagai Wali Kota Surabaya bersama teman-teman, tapi tahun depan insyallah aku ya ulang tahun rek, tapi mungkin bukan wali kota lagi," kata dia.

Risma sudah dua periode memimpin Surabaya. Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini pernah menduduki sejumlah jabatan di Pemerintah Kota Surabaya. Ia pernah menjadi Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang serta Kepala Cabang Dinas Pertamanan. Ia juga pernah menjadi Kepala Bagian Bina Bangunan, Kepala Bagian Penelitan dan Pengembangan serta Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya.

Lulusan ITS ini terpilih menjadi Wali Kota Surabaya periode 2010-2015 pada usia 49 tahun. Kemudian ia menjadi wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan. Ia pun terpilih kembali menjadi wali kota Surabaya periode 2016-2021 bersama dengan pasangannya wakil wali kota Whisnu Sakti Buana.

Saat Kongres UCLG-ASPAC 2018 atau asosiasi pemerintah kota dan daerah se-Asia Pasifik di Surabaya, Risma terpilih sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk periode 2018-2020. Tak hanya itu, Risma dikenal sebagai sosok pekerja keras, ceplas ceplos dan ulet.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

7 Hal yang Jarang Diketahui soal Risma

Pada momen 20 November bertepatan dengan ulang tahun Risma, akun resmi humas Pemkot Surabaya unggah berisi the untold story of Risma. Penasaran apa saja hal yang jarang diketahui soal Risma? Berikut rangkumannya, ditulis Selasa (1/12/2020):

1.Punya kebiasaan minum obat menggunakan pisang

2.Menu makanan favorit Risma adalah sup kepala ikan

3.Saat kecil tinggal bersama anak-anak panti asuhan yang dikelola orangtua Risma

4.Saat muda gemar mendaki gunung

5.Menyukai warna orange

6.Pernah patah tulang pada tangan ketika meninjau saluran air pada 2018

7.Pernah bercita-cita menjadi seorang dokter

 

(Ihsan Risniawan-FIS UNY)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini