VIDEO: Warga di Ngawi Dapat Berkah Pilkada

VIDEO: Warga di Ngawi Dapat Berkah Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah, Pilkada Serentak 2020, membawa berkah bagi para ibu rumah tangga dan mahasiswa di Ngawi, Jawa Timur.

Mereka turut dalam proses penyortiran, dan pelipatan surat suara di Kantor KPU setempat. Upahnya cukup lumayan, yaitu, Rp 100 per lembar. Proses pelipatan kertas suara mulai digelar KPU Kabupaten Ngawi. Agar prosesnya cepat, KPU mengajak puluhan warga, mulai dari bapak-bapak, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa.

Bagi mahasiswa, melipat surat suara adalah cara dia mengisi waktu luang, selama tidak kuliah tatap muka karena pandemi COVID-19, sekaligus bisa mendapat uang tambahan. Mereka menyambut antusias, karena bisa membantu orangtua, untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah. Mereka mendapat honor Rp 100, untuk setiap pelipatan satu kertas suara.

"Saya kebetulan sudah semester 7 kan, jadi itu butuh dana buat penelitian, maka daripada membebankan orang tua, mending cari duit sendiri biar penelitiannya lancar," ujar Erdizya Satria, Mahasiswa UGM, seperti dikutip dari Liputan6, 30 November 2020.

Tidak hanya mahasiswa, pelipatan kertas suara juga menjadi berkah bagi para ibu rumah tangga, sehingga bisa membantu kebutuhan ekonomi keluarga di tengah pandemi COVID-19

"Seperti yang kita tahu, kondisi keluarga sekitar dan sebagainya, melibatkan dari mereka "lagi tidak ada pekerjaan" sehingga kita melibatkan di sini, jadi di sini yang paling banyak adalah ibu-ibu," kata Putra Adi Wibowo, Petugas KPU Kabupaten Ngawi.

Pelipatan kertas suara, dijadwalkan selesai Minggu 29 November 2020. Agar aman dan tidak terjadi kecurangan, sejumlah petugas Kepolisian disiagakan di lokasi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 December 2020, 11:33 WIB

Video Terkait

Spotlights