Sukses

Sama-Sama Populer, Apa Perbedaan Soto Betawi dan Lamongan?

Ragam kuliner di Indonesia banyak dikenal oleh seluruh kalangan meski memiliki keunikan dan kemiripan hingga sama-sama populer tapi punya perbedaan

Liputan6.com, Jakarta - Beragam budaya dan bahasa menjadikan Indonesia negara yang kaya. Oleh karena itu, Kuliner Indonesia pun sangat beragam.

Hampir berbagai daerah memiliki ciri khas makananya sendiri. Seperti gudeg di Jogja, Nasi Jamblang dari Cirebon dan masih banyak lagi. Kuliner Soto menjadi salah satu makanan yang banyak ragamnya dari setiap daerah.

Soto yang cukup terkenal di Indonesia adalah soto Betawi. Soto ini mempunyai keunikan tersendiri. Sebenarnya, Soto Betawi memang mempunyai tiga jenis kuah yaitu kuah santan, kuah bening dan kuah susu.

Selain kuah yang di campur susu, kuah Soto Betawi juga di campur minyak samin. Tujuannya agar lebih gurih dan menambah aroma.

Untuk toping dan isiannya sendiri, soto Betawi mirip dengan soto pada umumnya. Biasanya soto Betawi menggunakan daging atau jeroan sapi, emping, ditambah potongan tomat, daun bawang, kerupuk, bawang goreng yang juga di sajikan dengan sambal.

Selain soto Betawi, ada juga Soto Lamongan yang  populer di Indonesia. Tak hanya di Lamongan saja, banyak tersebar kedai soto Lamongan diberbagai daerah menjadikan soto ini kian dikenal masyarakat luas.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Soto Betawi dan Lamongan

Perbedaan yang dapat terlihat antara soto Betawi dan soto Lamongan adalah taburan koya yang terdapat dalam soto Lamongan. Tak hanya itu, suwiran daging ayam yang tipis juga menjadi toping pelengkap.

Terdapat daun bawang dan kol yang ditambahkan pada kuah soto Lamongan, tapi tak seperti soto Betawi yang menggunakan irisan tomat. Soto lamongan disajikan tanpa menyertakan tomat.

Ayam yang digunakan biasanya ayam kampung, karena tekstur daging yang lebih padat dan kaku. Selain itu, perbedaan yang mencolok juga penggunaan kunyit dan rempah-rempah lain. Sehingga kuah soto terlihat lebih berwarna kuning.

Penulis: Indah Ismaya, jurnalis warga, mahasiswi KPI IAI Bunga Bangsa Cirebon 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.