VIDEO: Stok Kosong, PMI Surabaya Imbau Penyintas COVID-19 Sumbangkan Plasma Darah

VIDEO: Stok Kosong, PMI Surabaya Imbau Penyintas COVID-19 Sumbangkan Plasma Darah

Stok plasma darah di PMI Cabang Surabaya, saat ini mengalami kekosongan, sedangkan permintaan plasma darah di Jawa Timur terus meningkat. PMI berharap, agar para penyintas COVID-19 di Surabaya dan sekitarnya, bersedia mendonorkan plasma darahnya.

Saat ini, stok plasma darah di PMI Cabang Surabaya kosong. PMI Surabaya mengaku kesulitan mencari para penyintas COVID-19, atau orang yang sembuh dari COVID-19.

Untuk itu, PMI Cabang Surabaya gencar menggelar sosialisasi, dan bekerja sama dengan berbagai instansi untuk mencari donor plasma darah ini. Lantaran permintaan plasma darah belakangan ini meningkat.

Donor plasma darah sangat penting bagi masyarakat, yang saat ini dirawat di rumah sakit karena Covid-19. Terbukti plasma darah sangat ampuh menyembuhkan pasien COVID-19.

PMI Cabang Surabaya mengimbau masyarakat yang telah sembuh dari Covid-19, bersedia mendonorkan plasma darahnya. Sebab mencari pendonor plasma darah yang sesuai standar, juga sulit. Terbukti dari 100 pendonor yang mendaftar plasma darahnya, hanya 16 orang yang memenuhi persyaratan donor plasma darah.

"Sedang produksi kita sangat terbatas, syarat untuk melakukan plasma konvalesen detil sekali, jadi mungkin dari 100 itu yang bisa lolos ndak sampai 10 persen, dan yang peduli untuk setelah sembuh untuk mau mendonorkan PK juga sangat terbatas, dalam forum yang berbahagia ini, kami mengajak semuanya yang telah imun, monggo daftar ke PMI, mudah-mudahan Bapak Ibu yang terseleksi, siap untuk diambil PK-nya, dan kita distribusikan ke warga Kota Surabaya yang sangat membutuhkan," ujar Tri Siswanto, Wakil Ketua 1 PMI Kota Surabaya,seperti dikutip dari Liputan6, 1 Desember 2020.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Unit Transfusi Palang Merah Indonesia, Cabang Surabaya, juga menyerahkan penghargaan bagi SCTV-Indosiar, yang selama ini aktif bekerja sama dengan PMI, mengajak masyarakat mendonorkan darahnya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 December 2020, 13:54 WIB

Video Terkait

Spotlights