Sukses

Survei SSC: Elektabilitas Eri-Armudji Ungguli Machfud-Mujiaman Terkait Pilkada Surabaya

Lembaga riset politik Surabaya Survey Center (SSC) gelar survei terkait Pilkada Surabaya 2020 yang dilakukan pada 19-24 November 2020. Bagaimana hasilnya?

Liputan6.com, Surabaya - Lembaga riset politik Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei terbaru Pilkada Surabaya. Hasilnya, elektabilitas pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya nomor urut satu, Eri Cahyadi dan Armudji melampaui kompetitornya, Machfud Arifin dan Mujiaman.

"Survei ini dilakukan pada 19-24 November 2020, atau dua pekan sebelum pemungutan suara (9 Desember 2020). Melibatkan 880 responden, margin of error dari survei ini 3,3 persen," kata Peneliti SSC Ikhsan Rosidi di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) . 

Dari sisi popularitas, lanjut Ikhsan, Eri-Armudji unggul dari calon wali dan wakil wali kota nomor dua, Machfud Arifin dan Mujiaman. Berturut-turut, Eri Cahyadi (92 persen), Machfud Arifin (86,9 persen), Armuji (84,1 persen), dan Mujiaman (74,9 persen). 

Pun demikian dengan top of mind pasangan dalam Pilkada Surabaya, Eri-Armudji mendapatkan 46,1 persen dan Machfud-Mujiaman dengan 35,9 persen. "Pasangan nomor urut satu memang cukup populer, baik dari individu maupun pasangan," ujar dia. 

Sedangkan akseptabilitas untuk masing-masing calon, Eri juga diunggulkan. Angkanya, Eri (60 persen), Machfud Arifin (53,8 persen), Armuji (47,5 persen), dan Mujiaman (42 persen). 

"Berbanding lurus dengan hal tersebut, elektabilitas Eri-Armuji unggul jauh. Angkanya, 49,9 persen responden memilih Eri-Armuji dan sebanyak 38,1 persen memilih paslon nomor urut 2 (selisih 11,8 persen)," ucapnya. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaruh Risma Cukup Besar

Dalam penelitian ini, SSC juga melihat sejumlah kontribusi tingginya elektabilitas paslon nomor urut satu. Di antaranya, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wali Kota Surabaya saat ini, Tri Rismaharini (Risma) yang mencapai 95 persen. 

Implikasi di pilkada, sebanyak 45,6 persen pasti memilih calon yang direkomendasikan Risma, 30,3 persen belum pasti, sisanya tidak. Serta, 82,8 persen responden tahu kalau paslon nomor urut 1 didukung Risma. 

"Risma memiliki cukup besar untuk mempengaruhi pemilih di Surabaya. Hal ini tak lepas dari prestasi Risma selama memimpin di Surabaya," kata Ikhsan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.