VIDEO: Balai Besar TNBTS Tutup Sementara Aktivitas Pendakian ke Gunung Semeru

VIDEO: Balai Besar TNBTS Tutup Sementara Aktivitas Pendakian ke Gunung Semeru

Terkait peningkatan guguran lava pijar Gunung Semeru, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup aktivitas pendakian ke Gunung Semeru, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa, apabila terjadi guguran vulkanik berskala besar, Senin sore.

Suasana pos perizinan pendakian ke Gunung Semeru, di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur tidak ramai dari aktivitas para pendaki seperti biasanya.

Petugas Balai Besar, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau BB TNBTS, mengeluarkan kebijakan penutupan aktivitas pendakian untuk sementara waktu.

Seperti dalam Surat Edaran tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian Gunung Semeru. Balai Besar TNBTS terpaksa menutup total aktivitas pendakian ke Gunung Semeru hingga batas waktu yang tidak ditentukan, yang disampaikan melalui surat edaran. Pertimbangannya demi keselamatan jiwa pendaki, mengingat aktivitas vulkanik Gunung Semeru berupa guguran lava pijar masih terjadi.

Sedikitnya 120 calon pendaki yang telah mendaftar secara online, terpaksa harus dijadwal ulang. Hingga pendakian ke gunung api tertinggi di pulau jawa itu dibuka kembali.

"Mewaspadai dan pertimbangkan fluktuasi kondisi semeru yang meningkat berdasarkan informasi dari pos pemantauan gunung api Gunung Sawur yang ada di Kabupaten Lumajang, dan juga mempertimbangkan keselamatan dari jiwa pendaki itu sendiri, maka kami Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, per 30 November 2020 menutup sementara kegiatan pendakian Gunung Semeru," tutur Sarif Hidayat, Humas Balai Besar TNBTS, seperti dikutip dari tayangan Liputan6, 2 Desember 2020.

Data dari pos perizinan, kini di areal Gunung Semeru, tepatnya di kawasan Ranu Kumbolo, masih terdapat 50 orang pendaki yang diupayakan untuk evakuasi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 December 2020, 14:22 WIB

Video Terkait

Spotlights