Sukses

VIDEO: Kasus COVID-19 Meningkat, Ruang Isolasi Rumah Sakit Unair Penuh

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penyebaran COVID-19, di beberapa daerah terus meningkat. Di Surabaya, Jawa Timur ruangan isolasi di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS Unair) penuh. Sementara itu, di Kediri, Jawa Timur, rumah sakit rujukan COVID-19 milik Kabupaten Kediri penuh.

Rencananya, pihak RSUD akan menambah ruangan isolasi, dan perawatan. Untuk menampung pasien COVID-19 yang terus bertambah.

Peningkatan pasien COVID-19 di Surabaya, terjadi sejak dua pekan terakhir. Bahkan ruang isolasi khusus dan Ruang ICU untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Unair Surabaya sudah penuh. Saat ini jumlah pasien COVID-19 sebanyak 46 pasien, dirawat di ruang isolasi khusus, dan di Ruang IGD.

Mereka belum bisa masuk ruangan isolasi, karena ruangan hanya dapat menampung 40 pasien. Juru bicara Satgas COVID-19 Rumah Sakit Unair, dr. Alfian menegaskan, penyebaran COVID-19 di Surabaya kembali melonjak diduga karena dampak libur panjang, dan kurangnya disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

"Kapasitas 40 bed, di IGD masih ada enam pasien, di luar sana, banyak orang tidak menggunakan masker, bisa jadi mereka cuek, bisa jadi mereka jenuh," ujar dr. Alfian Nur, Jubir Tim Satgas Covid-19 RS Unair Surabaya, Fokus, 2 Desember 2020.

Kondisi serupa juga terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kediri. Ruang perawatan pasien Covid-19 sejak 3 hari terakhir, selalu penuh bahkan melebihi kapasitas ruangan.

Akibatnya, pasien harus tertahan di Ruang IGD untuk menunggu antrean. Mengatasi hal tersebut, pihak rumah sakit menyiapkan ruang isolasi tambahan, di Ruang Garuda. 

"Sementara kemarin, mohon maaf sekali, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri, bahwa kami memang pasang pengumuman itu penuh, memang kenyataannya begitu, cuma itupun juga tidak kita pasang, begitu ada yang kosong kami lepas, jadi mungkin masih bisa ada yang masuk, karena kami terus melakukan konsolidasi, jadi yang di ruang isolasi itu ada yang kosong, kami informasikan bisa masuk, karena di IGD pun juga masih menumpuk pasien yang untuk masuk ke ruang isolasi," ujar Rudolf Rudi Budiantoro, Kabid Pelayanan RSUD Kediri.

RSUD Kediri, memiliki kapasitas ruangan isolasi 35 tempat tidur. Namun saat ini, seluruh ruangan itu telah terisi penuh.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Kediri ada tiga rumah sakit rujukan COVID-19, yaitu RSUD Kabupaten Kediri, RSUD SLG, dan Rumah Sakit HVA Toeloengrejo. Pemerintah mengimbau kepada warga, agar menerapkan protokol kesehatan, agar jumlah kasus COVID-19 tidak terus melonjak.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.