Sukses

VIDEO: Jasad Seorang Kiai di Sampang Masih Utuh Setelah Dimakamkan 3 Tahun, Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini warga Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, dibuat geger. Hal itu karena kabar jasad seorang lelaki yang masih utuh meski sudah dikubur 3 tahun lalu.

Jasad tersebut adalah KH Ahmad Baidowi, Beliau merupakan seorang ulama atau pendakwah yang disegani di daerahnya. Selain masih utuh, konon jasadnya juga tidak menimbulkan bau apapun. 

Warga Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, yang heboh ada jenazah kiai mereka terlihat masih utuh, meskipun sudah dimakamkan tiga tahun lalu. Sebelumnya makam Kiai Ahmad Baidowi diketahui ambrol akibat diguyur hujan. Pihak keluarga kemudian memugar makam Kiai Ahmad Baidowi.

Saat dipugar oleh keluarga besar kiai, yang pernah menjadi pengasuh Madrasah Dakwatut Tauhid itu terlihat jenazahnya masih utuh. Kain kafan yang membungkusnya masih juga seperti baru. Selain masih utuh, menurut keluarga, jenazah Kiai Ahmad Baidowi tidak mengeluarkan bau.

"Itu setelah, saya menyentuh pada rambutnya kepala Ayah saya itu masih ada, dan tidak berbau apa-apa, seandainya daging itu sudah dimakan ulat, tentunya tulang itu sudah remuk dan tidak seperti semula,” tutur Sofyan Ahmad, Putra Almarhum, seperti dikutip dari Fokus, 29 November 2020.

Menurut Kepala Desa setempat, sebelum meninggal Kiai Ahmad Baidowi seringkali bersilaturahmi dengan seluruh keluarga desa, meskipun kondisinya sudah sakit-sakitan.

"Saya seringkali mendatangi pak Kiai, dan seringkali saya temui di sini banyak tamu, dan dia sebelum meninggal sebelum menyandang penyakit, dia itu sering silaturahmi kepada famili-familinya walaupun dia itu sudah tua,” ungkap Nurul Jadid, Kepala Desa Batoporo Barat, Sampang.

Menurut warga setempat, Kiai Ahmad Baidowi semasa hidup juga sangat santun, dan selalu menjadi panutan yang baik bagi warga setempat.