Sukses

Hujan Lebat, Wilayah di Surabaya Ini Terendam Banjir

Kepala BPB Linmas Surabaya, Irvan Widyanto menuturkan,hujan deras terjadi sebabkan genangan di sebagian wilayah timur dan selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Surabaya, Jawa Timur terendam banjir karena hujan deras pada Sabtu, (5/12/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya, Irvan Widyanto menuturkan, hujan deras yang terjadi sebabkan genangan di Rungkut, Tenggilis, Mejoyo, Gayungan dan Dukuh Pakis. “Sebagian timur dan selatan (wilayah Surabaya-red),” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat.

Ia menambahkan, hujan cukup lebat disertai sedikit angin pada Sabtu, 5 Desember 2020. "Hari ini belum bisa dikatakan ekstrem,” ujar dia.

Sementara itu, mengutip Antara, hujan deras yang terjadi sejak Sabtu siang hingga sore hari menyebabkan sejumlah wilayah di Surabaya terendam banjir.

"Tadi lewat Pandugo hingga Medayu Utara, jalanan mulai tergenang air setinggi lutut. Banyak kendaraan motor roda dua yang mogok di Jalan Pandugo," tutur warga Medayu Utara, Rungkut, Zaki.

Tidak hanya itu, lanjut Zaki, di kawasan perkampungan juga terlihat air mulai masuk ke rumah-rumah penduduk. Sejumlah warga kerja bakti membersihkan saluran air yang tersangkut sampah dan warga lainnya menguras air yang masuk ke dalam rumahnya. 

"Rumah pompa di sini kayaknya kurang bekerja maksimal sehingga air terus menggenang," tutur dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hujan Merata di Surabaya

Hal sama juga dikeluhkan warga Wonoayu, Rungkut, Hadi. Ia mengatakan air hujan banyak yang masuk ke rumah warga di Wonoayu.  "Biasanya tidak sampai masuk rumah, tapi hujan hari ini cukup deras sekali. Banyak warga yang panik karena air masuk ke rumahnya," ujarnya.

Hujan deras merata di semua wilayah Surabaya. Hal itu membuat sejumlah juga wilayah yang terendam banjir seperti halnya di Kecamatan Rungkut, Gunung Anyar, Mulyorejo, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.