VIDEO: Pemkot Surabaya Gelar Tes Usap COVID-19 di Pasar Tradisional

VIDEO: Pemkot Surabaya Gelar Tes Usap COVID-19 di Pasar Tradisional

Antisipasi lonjakan COVID-19 di Surabaya, Pemkot Surabaya, melalui Satgas Covid Surabaya, Senin pagi, menggelar uji usap di pasar tradisional di Jalan Pucang Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, jelang Pilwali Kota Surabaya, Polrestabes juga menggelar uji usap kepada polisi yang akan menjaga tempat pemungutan suara.

Satu per satu pedagang dan warga yang melintas, di Pasar Tradisional Pucang Surabaya, langsung diuji usap oleh petugas. Warga juga didata alamat lengkap, sesuai KTPnya untuk memudahkan petugas, dalam tracing warga yang positif maupun yang OTG atau orang tanpa gejala.

Warga yang diuji usap mengaku tidak keberatan, karena bisa mengetahui dirinya terjangkit virus Covid-19 atau tidak. Uji usap di pasar tradisional ini, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah Covid-19 di Surabaya.

"Untuk kita lakukan pengecekan lagi, dan ini juga adalah dalam rangka memutus mata rantai, jadi kita lakukan operasi mendadak di pasar-pasar yang ada di Surabaya, salah satunya Pasar Pucang ini, kita lihat secara nasional, kita antisipasi, jangan sampai itu juga terjadi di Kota Surabaya, jadi Ibu Wali Kota memerintahkan Kadinkes, kami dan Satpol untuk melakukan operasi swab," terang Irvan Widyanto, Sekretaris Satgas Covid-19 Surabaya, seperti dikutip pada Liputan6, 1 Desember 2020.

Uji usap juga digelar di Mapolrestabes Surabaya, untuk memastikan anggota polisi terbebas dari Covid-19, sebelum bertugas menjaga TPS jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 9 Desember 2020. Seluruh anggota Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran, yang menjalani test usap COVID-19 berjumlah 1.131 orang, terdiri dari bintara maupun perwira.

"Bahwa seluruh personil Polrestabes beserta Polsek jajarannya, yang akan melaksanakan pengamanan pemilukada di Kota Surabaya ini, akan melaksanakan swab semuanya, sejumlah 1.131 melaksanakan swab seluruhnya, baik perwira maupun bintara," ujar AKP M. Akhyar, Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya.

Pengamanan TPS Pilkada Kota Surabaya kali ini, melibatkan seluruh anggota Polrestabes Surabaya dan Polsek jajaran dari berbagai satuan, seperti Lantas, Sabhara, Reskrim, Intel, hingga Binmas, demi menjaga pilkada aman di Surabaya.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 December 2020, 19:26 WIB

Video Terkait

Spotlights