Sukses

Tanggapan Eri Cahyadi-Armudji Soal Toleransi di Surabaya

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bakal menggandeng berbagai elemen agar Surabaya terus menjadi kota yang nyaman dan damai.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Calon Wakil Wali Kota Armudji menegaskan komitmen untuk terus menjaga Surabaya sebagai kota yang penuh dengan nilai-nilai toleransi.

Semua warga harus nyaman dan aman dalam menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

”Tidak ada minoritas dan mayoritas di Surabaya untuk beribadah. Kota Surabaya menjadi kota yang nyaman bagi semua kalangan, karena Surabaya menjadi barometer persatuan Indonesia,” ujar Eri Cahyadi dalam debat publik tahap III Pilkada Surabaya, Sabtu malam (5/12/2020).

Untuk menekan penyebaran paham radikal, Eri bakal menggandeng berbagai elemen agar Surabaya terus menjadi kota yang nyaman dan damai. Dengan kerja sama lintas elemen, Surabaya bakal menjadi kota yang guyub, damai, dan berbhinneka dengan saling menghargai perbedaan yang ada.

”Kami akan membangun kerja sama dengan ormas keagamaan moderat, pesantren, Dewan Masjid, para tokoh lintas agama, tenaga pendidik mulai SD sampai perguruan tinggi untuk memberi pembelajaran toleransi,” ujarnya.

Eri-Armudji juga berkomitmen menekan penyebaran paham yang intoleran dan radikal. Di berbagai lini atau sektor, tidak boleh ada penyebaran paham radikal.

”Kita akan membersihkan kantor pemerintahan, mal, dan perumahan dari kelompok-kelompok radikal Kita memastikan kehadiran negara untuk memperkecil ruang gerak penjajah ideologi radikalisme," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Lintas Agama

Eri juga akan memantapkan wadah kerja sama lintas agama, tempat semua kalangan bersama-sama membangun kesepahaman untuk mewujudkan Surabaya yang damai dan guyub.

"Kita bentuk suatu wadah tempat berkumpul tokoh. Para kiai, romo, pemuda gereja, tokoh Hindu, tokoh Buddha, pemuda masjid, berbagai kelompok lintas agama, dan para penghayat kepercayaan. Berbeda itu biasa, berbeda itu hal yang lumrah. Tapi yang terpenting adalah NKRI, dan NKRI itu harga mati,” tegas Eri.

”Ini yang akan menekan radikalisme. Semua merasa nyaman dan tenteram. Kita menolak radikalisme. Budaya Indonesia itu santun, ramah, toleran,” imbuh Armudji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.